Yamaha Lexi

Pemprov Jabar Siap Fasilitasi Diskusi Seputar 'The Santri'

  Kamis, 19 September 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. (@ruzhanul/Instagram)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyatakan siap memfasilitasi diskusi seputar film The Santri besutan Livi Zheng.

"Terkait polemik yang beredar soal film, Pemprov Jabar siap memfasilitasi diskusi hukum mengenai beberapa adegan dalam film tersebut," kata Uu kepada ayobandung.com melalui aplikasi perpesanan, Kamis (19/9/2019).

AYO BACA : Uu Minta Film 'The Santri' Muat Etika Kesantrian Menyeluruh

Sebelum itu, ia menyatakan bahwa film The Santri merupakan apresiasi terhadap keberadaan santri alias anak pondok pesantren. Namun yang ia kecewakan karena film itu tak menggambarkan etika santri secara menyeluruh.

Ia khawatir di kemudian hari, terdapat anggapan negatif untuk kalangan santri lantaran di film tersebut terdapat adegan yang tak merepresentasikan nilai kesantrian.

AYO BACA : Uu Ruzhanul Berharap Film The Santri Tak Ditayangkan

Ia pun menyatakan bahwa kapasitasnya menanggapi film tak menjadi masalah. Hal tersebut tak terlepas dari banyaknya pertanyaan seputar film tersebut kepadanya.

Namun, agar tiap pihak saling memahami apa yang telah dinilainya maupun anggapan pihak-pihak lain baik yang pro maupun kontra, maka diskusi seputar itu perlu dilaksanakan.

Di sisi lain, tambahnya, polemik yang terjadi seputar film ini tak baik bila berlarut-larut. Untuk pihak yang memproduksinya, barangkali ini menjadi keuntungan karena mendatangkan rasa penasaran banyak orang.

Tapi, harapnya, demi 'santri' yang ia nilai sebagai garda terdepan kehidupan berbangsa, maka polemik harus dihindari.

"Saya bukan kiai yang bisa membuat fatwa. Oleh karenanya menginisiasi adanya diskusi hukum, yang harapannya bisa melibatkan tidak satu kelompok saja," tandasnya.

AYO BACA : Uu Ruzhanul Akui Kecewa dengan 'The Santri' Garapan Livi Zheng

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar