Yamaha

4 Tanaman Ini Bisa untuk Aromaterapi

  Kamis, 19 September 2019   Republika.co.id
Lavender menjadi salah satu bahan untuk aromaterapi. (Hans Braxmeier/Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM—Penyair kondang Nizami Ganjavi (1141-1203 M) dan Mahammad Fuzuli (1495-1556 M) dalam karyanya mengupas kegunaan aromaterapi. Menurut keduanya, minyak bunga mawar bisa digunakan sebagai obat untuk sakit kepala dan antiseptik.

Mahammad Yusif Shirvani (abad ke-18 M) merekomendasikan sebuah salep dari jinten untuk luka karena pedang. Walaupun konsep antibiotik tidak diketahui pada saat itu, dokter Muslim telah menggunakan ointments dari jinten, madu dan bawang mentah sebagai antiseptik hangat.

1. Pinus

AYO BACA : Sudah Sikat Gigi tapi Tetap Bau? Ini Penyebab dan Solusinya

Adapula jenis-jenis tanaman yang bisa digunakan untuk aromaterapi, yakni pinus, mawar, lavender, melissa, dan lain-lain. Pine Needles, cabang pinus digunakan untuk mempersiapkan sebuah ekstraksi untuk mandi, dengan bahan yang digunakan untuk memperkuat sistem saraf. Minyak essensial dari pinus yang kental dengan sirup kemudian dikeringkan dan ditekan menjadi tablet.

2. Rosemary

Sedangkan, orang yang memiliki tekanan darah rendah disarankan untuk mandi dengan Rosemary. Hal ini diyakini bahwa tanaman wangi merangsang sirkulasi dan berfungsi sebagai tonik.  Resep ini bahkan telah didokumentasikan.

AYO BACA : Menggunakan Kaus Kaki Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Berikut resepnya: Tuangkan empat gelas air mendidih ke dalam panci berisi lima sendok makan daun Rosemary.  Lalu tutup dan biarkan selama 30 menit.  Infusi strain yang hangat dan menambah air mandi yang hangat. Durasi yang optimal untuk suatu prosedur adalah setengah jam.

3. Lavender

Mandi dalam jamu-jamuan yang direbus lavender yang hebat dan anti-efek penenang dan digunakan untuk neurasthenia dan tachycardia (denyut jantung cepat). Mandi dengan jamu-jamuan yg direbus marjoram baik untuk perut kembung dan  memiliki efek diuretik.

4. Melissa

Melissa (balsem lemon) adalah jamu-jamuan yg direbus baik untuk penyakit jantung, bantuan dari tachycardia dan penurunan tekanan darah. Air mandi yang harus hangat, tetapi tidak panas. 

AYO BACA : Bau Kaus Kaki Bisa Bikin Badan Sakit?

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar