Yamaha NMax

Limbah Cemari Sungai-sungai Jabar, Emil Bentuk Tim Bersih

  Kamis, 19 September 2019   Fira Nursyabani
Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah membentuk tim bersih sungai untuk mengatasi pencemaran lingkungan yang kerap menerpa sejumlah sungai di wilayah itu. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku tim itu telah dibuatkan Surat Keputusan (SK) dari Provinsi Jawa Barat.

AYO BACA : Iriana Kaget Ada Sampah Kasur di Sungai Cipakancilan Bogor

"Besok saya akan rapat juga dengan Ombudsman RI di Jakarta. Saya sudah putuskan minggu lalu bikin tim khusus terkait persampahan dan pencemaran sungai yang kerap mengemuka, khususnya di Bekasi ini," kata dia usai menghadiri Hari Perhubungan Nasional 2019 di Kompleks Pemerintah Kabupaten Bekasi, Kamis (19/9/2019).

AYO BACA : Anak Sungai Cisadane Bogor Penuh Sampah, Iriana: Ngeri Lihatnya

Emil mengaku sejauh ini, baik Kota maupun Kabupaten Bekasi, telah melaporkan peristiwa pencemaran sungai yang kerap terjadi. Laporan terbaru adalah kasus pencemaran sampah di Kali Bahagia, Kali Jambe, dan Kali Bekasi yang dicemari limbah B3.

"Bekasi sudah melaporkan, sering kali yang ada di Kabupaten Bekasi kan kiriman ya dari kota/kabupaten sebelah, harus berbagi tanggung jawab juga," katanya.

"Jangan dibebankan ke hilir kan begitu ya. Kebagian ketempuannya Kabupaten Bekasi, tapi kita harus adil, kita akan cek lebih dalam," tambah dia.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengaku akan terus mendukung dan membantu kabupaten dan kota atas kasus pencemaran lingkungan yang terjadi di sejumlah wilayahnya itu. "Citarum sudah, jadi setiap sungai yang punya masalah lingkungan kita akan bikin teori pentahelix, jadi diselesaikan melalui tim khusus per sungai-sungai tertentu," kata Emil.

AYO BACA : Tercemar Limbah, Bendungan Barugbug Karawang Hitam dan Bau

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar