Yamaha Lexi

Iriana Kaget Ada Sampah Kasur di Sungai Cipakancilan Bogor

  Kamis, 19 September 2019   Husnul Khatimah
Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau bantaran Sungai Cipakancilan Cilebut, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis (19/9/2019). (Husnul Khatimah/Ayo Media Network)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Tumpukan sampah di Sungai Cipakancilan di Kota dan Kabupaten Bogor menjadi perhatian pemerintah pusat. Ibu Negara Iriana Joko Widodo bahkan turut serta menangani permasalahan sampah di daerah tersebut.

Beberapa waktu lalu, tumpukan sampah di aliran Sungai Cipakancilan ini viral di media sosial. Iriana kemudian ikut turun tangan untuk mengedukasi warga agar tak buang sampah sembarangan.

Iriana mengedukasi warga dengan mendatangi Sungai Cipakancilan di Kecamatan Cilebut bersama istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla, istri Gubernur Jawa Barat Atalia Kamil dan Bupati Bogor Ade Yasin, Kamis (20/9/2019).

AYO BACA : Anak Sungai Cisadane Bogor Penuh Sampah, Iriana: Ngeri Lihatnya

Saat berada di Sungai Cipakancilan, Iriana berdialog dengan beberapa warga dan menyaksikan langsung proses pengerukan sampah. Ia terlihat kaget saat warga menceritakan ragam sampah yang ditemukan di Sungai Cipakancilan.

"Banyak ya sampahnya macam-macam, ada plastik bahkan ada kasur juga, semoga permasalahannya cepat terselesaikan," ujar Iriana.

Sementara itu, Koordinator Gerakan Indonesia Bersih, Komandan Resort Militer 061/Suryakencana Novi Helmi mengatakan usai viral di media sosial pihaknya langsung bergerak membersihkan tumpukan sampah.

AYO BACA : Tumpukan Sampah di Sungai Cipakancilan Bogor Dibersihkan

"Begitu viral kami dapat perintah untuk mengecek dan benar saja sampahnya luar biasa" kata Helmi.

Dia mengatakan ada 15 titik tumpukan sampah di sepanjang sungai yang telah dibersihkan oleh aparat TNI bersama relawan. Namun dia belum mengetahui dari mana asal sampah tersebut.

"Titik-titik sampah itu berada di Sungai Cipakancilan dengan panjang 8 kilometer, 2 kilometer terletak di Kota Bogor dan 6 kilometer di wilayah Kabupaten Bogor," kata Helmi.

Dia mengaku akan melanjutkan aksi-aksi bersih-bersih ini. Bahkan ke depan pihaknya berencana akan membangun taman sungai di salah satu titik aliran sungai.

AYO BACA : Bogor Gandeng Australia dalam Penataan Sungai Ciliwung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar