Yamaha

Pemkot Bekasi Kejar Predikat ‘Kota Layak Anak’

  Kamis, 19 September 2019   Firda Puri Agustine
Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhiyanto Tjahyono. (ayobekasi.com/Firda)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM--Pemerintah Kota serius berkomitmen menjadikan Bekasi sebagai Kota Layak Anak (KLA) dengan membenahi sejumlah fasilitas publik untuk memberikan hak dan perlindungan pada anak.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono mengungkapkan bahwa anak merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki peran strategis dalam pembangunan bangsa dan negara pada masa yang akan datang.

“Mereka perlu mendapatkan kesempatan yang seluas-luasnya untuk hidup tumbuh dan berkembang secara wajar baik fisik, mental, maupun sosial serta terhindar dari perlakuan tindakan yang salah,” kata Tri dalam keterangan resmi, Kamis (19/9/2019).

Menurutnya, Bekasi sedang dalam tahap percepatan Kota Layak Anak. Diperlukan adanya pemahaman tugas dan kewenangan masing-masing OPD  dan unsur terkait lainnya dalam mewujudkan hal tersebut.

Adanya Tim Gugus Tugas Kota Layak Anak diharapkan dapat meningkatkan komitmen untuk mengimplementasikan kebijakan yang berkaitan dengan pemenuhan hak anak.

“Kota Bekasi harus memperkuat peran kapasitas seluruh Tim Gugus Tugas Kota Layak Anak, sehingga dapat menciptakan anak-anak yang berkualitas, berintegritas dan berakhlaqul kharimah sebagai modal pembangunan bangsa,” ujarnya.

Sementara itu, sejumlah fasilitas dan ruang terbuka publik di Bekasi belum sepenuhnya ramah anak. Salah satu orang tua murid SDN Bekasi Jaya I, Sumarni berharap Pemkot bisa  lebih tegas dan benar-benar merealisasikan kota yang layak anak.

“Kayak di taman, masih banyak orang yang merokok sembarangan. Kalau kita bawa anak kan kasihan kena asap rokoknya. Harus ada sanksi-lah,” katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE