Yamaha Aerox

Dorokdok Kekinian dengan Tujuh Varian Rasa

  Rabu, 18 September 2019   Andres Fatubun
Kerupuk Kulit Mak Yuyu. (Dias Ashari/magang)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM  -- Untuk menemukan mutiara yang indah tentu saja harus mencarinya sampai ke dasar lautan. Begitupun untuk mendapatkan jajanan kekinian yang unik harus blusukan ke daerah yang jarang dikunjungi.

Salah satunya yang penulis temukan adalah jajanan unik ini bernama Kerupuk Kulit Mak Yuyu atau dalam bahasa Sunda biasa disebut dengan dorokdok. Makanan yang terkenal sebagai oleh-oleh khas Kota Garut ini tentu saja sudah memiliki ribuan penggemar.

Kerupuk Kulit Mak Yuyu ini dijual di kawasan perumahan Puri Fajar Blok A4 No.6 Cimahi. 

“Mak Yuyu itu nama mertua. Awalnya bingung apa gitu yang bikin ciri khasnya. Akhirnya suami bilang kenapa engga nama mamah aja. Soalnya maksudnya masih khas gitu Mak Yuyu kan asli orang Garut gitu dan yang gampang diingat juga,” ujar Liliyan Yulianti kepada ayobandung, Selasa (17/09/2019) malam.

Bisnis ini berawal dari rasa kekecewaan dengan harga dorokdok yang pemilik beli dari temannya. Saat itu satu bal dijual dengan harga Rp100.000, padahal pemilik mengungkapkan bahwa harga tersebut tidak sepadan dengan dorokdok. Sampai pada akhirnya pemilik mencari pabrik yang memproduksi langsung. Selain harganya lebih murah, pemilik juga bisa menjual harga dibawah pasaran sesuai dengan target konsumennya.

“Iyah awalnya kan beli di temen dengan harga yang lumayan mahal. Saya pun mikir-mikir lagi untuk beli. Terus jadi kepikiran aja buat cari pabriknya. Akhirnya dapat dan kita buat kemasan yang lebih ekonomis. Jadi kan kita bisa jual murah ke konsumen,” jelas Yulianti

AYO BACA : Susu Bakar: Murni Susunya, Maknyos Rasanya, Pol Gizinya

Kerupuk Kulit Mak Yuyu ini menyediakan tujuh rasa varian kekinian dengan tiga kemasan yang berbeda.

Soal harga dijamin deh murpis alias murah pisan. Untuk rasa original dengan kemasan 500 gr (Rp75.000), 150 gr (Rp27.000) dan 50 gr ( Rp10.000). Sedangkan untuk keenam rasa lainnya seperti pedas asin, pizza pedas, rumput laut, balado, pedas daun jeruk dan keju di banderol dengan harga 500 gr (Rp80.000), 150 gr (Rp27.000) , dan 50 gr (Rp10.000).

Langsung saja yuk cicipi

Sebagai salah satu produk best seller, tentu saja penulis penasaran dengan rasanya. Satu buah dorokdok original digigit perlahan. Rasa gurihnya langsung menempel dalam bibir dan menancap tajam pada setiap pundi syaraf-syaraf lidah. Aroma khas dari kulit sapi ikut tercium oleh hidung. Teksturnya yang renyah memang buat lupa diri. Hingga satu bungkus berukuran 50 gr habis dalam hitungan menit saja. Dorokdok varian pedas daun jeruk juga patut dicoba selain rasa pedasnya yang menyengat lidah, aroma daun jeruknya pun bikin segar dimulut.

Namun buat yang enggak suka pedas nggak perlu khawatir, karena tersedia juga varian rasa yang cocok di lidah seperti keju dan rumput laut. Nah untuk varian rumput laut ini selain rasanya yang enak tampilannya pun cantik karena bewarna hijau terang.

Kerupuk Kulit Mak Yuyu ini emang paling cocok dimakan kapan dan dimana saja. Bisa dijadikan camilan saat nonton tv, arisan, kumpul keluarga atau bahkan bisa jadi pelengkap saat makan nasi hangat dan campuran mi bakso. Oh iya wajib tahu nih kalau tekstur dorokdok ini lebih ringan dan mengembang serta warnanya lebih putih dari dorokdok khas Garut. Teskturnya juga gak bikin seret di tenggorokan. Pokonya recommended banget deh.

Buat yang mau kepoin bagaimana testimonya para pelanggan Kerupuk Mak Yuyu ini bisa langsung aja cari akunnya di @kerupukkulit.makyuyu. Selain itu juga bisa langsung tanya-tanya Liliyan Yulianti di whatsApp 0817-7024-2526. Tiga kata penulis untuk Kerupuk Kulit Mak Yuyu, rasanya itu gurih-gurih krenyes. (Dias Ashari/magang)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar