Yamaha NMax

Robert Alberts Kecewa Fabiano Gagal Perkuat Persib

  Rabu, 18 September 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts. (Eneng Reni Nuraisyah Jamil/ayobandung.com)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Persib Bandung dipastikan tidak bisa diperkuat Fabiano Beltrame di putaran kedua Liga 1 2019. Pasalnya proses naturalisasi pemain kelahiran Brasil itu tak kunjung rampung hingga batas akhir pendaftaran pemain di bursa transfer putaran kedua, Senin (16/9/2019).

Menyikapi kondisi ini, pelatih Persib, Robert Alberts, mengaku begitu kecewa. Robert amat menyayangkan Fabiano tidak bisa bermain untuk Persib, padahal sejak awal musim 2019, bek berusia 37 tahun itu masuk dalam skema permainan pelatih asal Belanda tersebut.

Sedianya Robert menyampaikan, bila proses naturalitasinya rampung, Fabiano bisa kian memperkokoh lini pertahanan Persib, bersama Nick Kuipers dan Achmad Jufriyanto. Namun nasib berkata lain, Robert, mengatakan pihaknya tahu lebih cepat bahwa Fabiano tidak akan mendapat paspor Indonesia dalam waktu dekat.

AYO BACA : Alasan Naturalisasi Fabiano Beltrame Ditunda

"Terkait Fabiano, saya sangat kecewa. Ada dua alasan, yang pertama itu untuk Fabiano sendiri. Tidak mudah untuk setiap hari terus menunggu dan akhirnya dia tak bisa bermain. Di sepak bola, pemain seperti Fabiano yang mempunyai kualitas dan kepribadian yang bagus, tentu dia ingin bermain. Jadi saya, kami, tahu lebih cepat bahwa dia tidak akan mendapat paspor Indonesia dalam waktu dekat," ungkap Robert di Graha Persib, Rabu (18/9/2019).

Di sisi lain, Robert menyebut Fabiano masih akan tinggal di Bandung untuk menunggu proses naturalisasi selesai. Namun, Fabiano tetap tak bisa membela Persib sehingga dia bakal kembali ke Brasil sambil mempersiapkan diri menghadapi Liga 1 2020.

"Kami bisa memberikan tindakan lain untuk Fabiano. Tapi kami sudah berdiskusi dengan Fabiano dan dia masih akan tinggal di Bandung dan menunggu naturalisasinya selesai. Setelah itu dia akan membuat keputusan dan akan kembali ke Brasil untuk melakukan persiapan sebelum kembali bermain musim depan," lanjut Robert.

AYO BACA : Tidak Hanya Fabiano, Ini Sederet Pemain 'Digantung' Proses Naturalisasi

Meski begitu, Robert menyampaikan jika Fabiano masih punya hasrat untuk kembali ke Persib Bandung, dia mengaku akan memberikan satu tempat untuknya di musim karena dia menunjukan kualitas, profesionalitas, dan kepribadian yang bagus untuk tim.

"Meskipun usianya sudah 38 tahun depan tapi dengan kategori pemain Indonesia, saya akan memberikan dia tempat. Tapi jika dia datang dengan status pemain asing di usia 38 tahun maka saya tidak akan memberikannya tempat. Karena kami ingin membentuk tim untuk masa depan. Tapi tentu saya sangat kecewa terhadap situasi yang dialami Fabiano," lanjut Robert.

Tak sampai di situ, Robert menyesalkan karena kondisi rumit ini terjadi di tubuh Persib Bandung. Pasalnya sejak ditunjuk sebagai juru taktik Maung Bandung, diasudah memperhitungkan skema dan memasukkan nama Fabiano dalam tim sejak putaran pertama untuk menggantikan Victor Igbonefo.

Bagi Persib, batalnya Fabiano bergabung dengan tim menjadi kehilangan besar karena skema tangguh untuk diterapkan di barisan pertahanan tim buyar.

"Kedua, saya sangat kecewa untuk Persib Bandung sebagai tim karena saya sudah menghitung dia masuk dalam tim sejak putaran pertama dan Victor tidak ada di dalam tim. Kami kehilangan bek yang penting karena pergi ke Thailand dan mendapat pengganti yang tidak kalah penting seperti Fabiano di lini belakang. Dirinya merupakan pemain yang penting di pertahanan dan itulah faktanya," kata Robert.

"Jadi bagi Persib, batalnya Fabiano bergabung menjadi kehilangan besar karena saya sudah menyiapkan kombinasi yang tangguh di barisan pertahanan dengan pengalamannya tapi kami tidak bisa memainkan itu. Merasa sedih terhadap Fabiano, dan sayangnya situasi ini terjadi pada Persib, karena mengontrak pemain tapi pemain tersebut tidak bisa bermain. Dan tim juga kehilangan pemain yang berkualitas," ujar Robert.

AYO BACA : Segera Menjadi WNI, Fabiano Didukung Keluarga

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar