Yamaha Lexi

Ibu Hamil Perlu Waspadai Nyeri Saat Buang Air Kecil

  Rabu, 18 September 2019   Istihanah Soejoethi
Ilustrasi ibu hamil. (PIXABAY)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ibu hamil dianjurkan untuk selalu mengunjungi fasilitas kesehatan dan rutin mengontrol kondisi kandungan di masa awal kehamilan. 

AYO BACA : Bank Sel Telur, Solusi Tunda Hamil

Dengan demikian, ibu dapat menyampaikan pada dokter atau mencari solusi jika terjadi tanda-tanda yang memberikan sinyal bahaya dan dapat mempengaruhi janin. 

AYO BACA : Alquran Anjurkan Jarak kehamilan 30 bulan

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan Ali Sungkar mengemukakan beberapa tanda bahaya pada kehamilan, di antaranya adalah nyeri saat buang air kecil.

"Hati-hati bila ada rasa nyeri berkemih atau jumlah urine berkurang. Itu bisa pertanda ada infeksi saluran kencing," kata Ali di Jakarta, Selasa (18/9/2019).

Selain itu, kata dia, waspadalah bila terjadi perdarahan, nyeri perut dan ulu hati, serta muntah terus menerus. Tanda lain yang harus diperhatikan adalah bengkak di muka dan tangan, nyeri kepala berat yang tidak hilang, pandangan kabur atau perasaan berputar, serta demam disertai menggigil dengan suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius.

Untuk meminimalisasi risiko kehamilan, Ali menegaskan pentingnya memenuhi kebutuhan nutrisi makro dan mikro di tiap tahapan, mulai dari prakehamilan, trimester 1, 2, dan 3 serta menyusui.

AYO BACA : Jarak Kehamilan Terlalu Dekat Sebabkan Gangguan Emosional pada Anak

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar