Yamaha

Resmi Beroperasi, Bus Damri Cimahi-Kertajati Gratis hingga Akhir Tahun

  Selasa, 17 September 2019   Tri Junari
Empat unit bus Damri yang melayani rute Kota Cimahi-Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, resmi beroperasi. (Tri Junari/Ayobandung.com)

CIMAHI SELATAN, AYOBANDUNG.COM—Empat unit bus Damri yang melayani rute Kota Cimahi-Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, resmi beroperasi. 

Peluncuran pengoperasian secara resmi dilakukan Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna, Wakil Wali Kota Ngatiyana, disaksikan sejumlah kepala instansi terkait di titik keberangkatan area Parkir Apartemen The Edge, Jalan Raya Baros, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Direktur Keuangan Damri Cabang Bandung Sri Purwanto mengatakan, tahap awal baru empat armada dengan kapasitas 42 kursi setiap unitnya sudah mulai beroperasi.

Bus angkutan khusus ke bandara ini mulai beroperasi setiap harinya pukul 02.00 WIB, 06.00 WIB, 11.00 WIB, dan 15.00 WIB.

Sementara itu, keberangkatan bus dari BIJB Kertajati, Majalengka ke Kota Cimahi pukul 07.00 WIB, 11.00 WIB, 16.00 WIB, dan 22.00 WIB.

AYO BACA : Garuda dan Citilink Berhenti Sementara dari BIJB, Ini Komentar Emil

"Sesuai jadwal Bus Damri dari Cimahi tujuan Bandara Kertajati, Majalengka, ini akan beroperasi empat unit bus. Setiap hari ada empat kali keberangkatan dan kedatangan," terangnya saat peluncuran di The Edge, Cimahi, Selasa (17/9/2019).

Menurut dia, Bus Damri ini bakal digratiskan sampai Desember 2019. Pada praktiknya, meski tanpa penumpang bus akan tetap diberangkatkan dari Cimahi ke BIJB Kertajati maupun sebaliknya. 

Untuk rute di perjalanan semuanya melalui tol hingga sampai tujuan.

Berdasarkan estimasi, perjalanan dari Kota Cimahi menuju bandara yang terletak di Kabupaten Majalengka itu sekira dua jam lebih, dengan memanfaatkan akses Tol Cipali. 

Sejauh ini antusias masyarakat Bandung Raya termasuk Cimahi dalam menggunakan moda transportasi milik pemerintah ini sangat besar. Bahkan, banyak masyarakat dari luar kota yang menanyakan seputar layanan bus ke bandara. 

AYO BACA : BIJB Benarkan Citylink dan Garuda Hentikan Penerbangan Sejak Agustus

"Banyak yang nanya-nanya bukan hanya dari Cimahi tapi juga dari KBB seperti dari Batujajar dan Cililin," ujarnya. 

Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan dan Damri yang telah menyediakan rute khusus bagi warga Cimahi yang akan ke Bandara Kertajati.

"Seiring perpindahan transportasi domestik dari Husein Sastranegara ke Kertajati angkutan menuju bandara ini sangat dibutuhkan warga Cimahi," jelasnya.

Kepala Seksi Angkutan pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi Ranto Sitanggang menambahkan, sesuai kesepakatan yang telah dibuat, Bus Damri Cimahi-BIJB Kertajati harus beroperasi sesuai jadwal.

Pihaknya berharap pelayanan dari Damri sesuai dengan jadwal yang disepakati, jangan sampai molor karena itu bisa berdampak kepada jadwal penerbangan. 

"Semoga layanan bus ke BIJB ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Cimahi dan sekitarnya, khususnya bagi mereka yang hendak terbang melalui bandara Kertajati. Sampai akhir Desember 2019 ini layanan angkutan bus masih gratis bagi si pemegang tiket penerbangan," tuturnya.

AYO BACA : Tiket Pesawat Mahal, Pemudik Bus Damri Naik 10 Persen

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar