Yamaha Aerox

Kerugian Pedagang Peuyeum Citatah Ditaksir Capai Rp1 Miliar

  Selasa, 17 September 2019   Tri Junari
Tangkapan layar video kebakaran kios oleh-oleh peyeum Bandung di Desa Citatah, Senin (16/9/2019).

CIPATAT, AYOBANDUNG.COM -- Kerugian pedagang akibat bencana kebakaran yang melalap kios oleh-oleh Peyeum Bandung di Desa Citatah ditaksir mencapai Rp1 miliar. Kebakaran kios itu terjadi di Jalan Bandung-Cianjur, Kampung Tagogmunding, RT05, RW08, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat pada Senin (16/9/2019) sekitar pukul 19.30 WIB.

Kapolsek Cipatat Kompol Asep Nandang menerangkan, dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) diketahui sebanyak delapan unit rumah toko beserta isinya habis dilalap si jago merah.

AYO BACA : 11 Kios Peyeum di Citatah Ludes Dilalap Api

"Delapan unit warung beserta isinya habis terbakar, kerugian ditaksir Rp1 Miliar," kata Asep melalui pesan singkat yang diterima Ayobandung.com, Senin (16/9/2019) malam.

Delapan kios dan rumah itu milik pedagang Peyeum Bandung yang juga tempat tinggal Yati (60), Ako (65), Titing (55), Winda (28) Yanyan (40), Undi (60), Mulyana (43), dan Nanar (37). 

AYO BACA : Penyebab Kebakaran Kios Peyeum Citatah Diduga Korsleting Listrik

Letak ruko berdempetan dengan kios berukuran rata- rata 7x10 meter. Bahan bangunan kios juga kebanyakan material mudah terbakar seperti papan dan triplek.

Menurut keterangan Ketua RT setempat Yayat (56), sumber awal api diketahui oleh salah seorang pedagang yang mendengar suara letupan diduga dari korsleting instalasi listrik di atas kios peyeum milik Eti.

Api kemudian membakar kios Eti disusul kios lain dan melalap satu komplek kios dipinggir jalan nasional Bandung-Cianjur itu. Api dapat padam setelah mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi kejadian beberapa menit setelah asap membumbung tinggi.

"Upaya pemadaman spontan dilakukan, warga bahkan menyetop kendaraan angkutan air bersih yang lewat sebelum mobil damkar tiba," ungkapnya.

Selama insiden ini terjadi, arus lalu lintas Bandung-Cianjur sempat terganggu karena khawatir kendaraan yang lewat ikut tersambar api. Satu jam kemudian lalu lintas kembali normal.

AYO BACA : Citatah Menjadi Geopark Nasional di Tahun 2020

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar