Yamaha Lexi

Pasar Baru Bekasi Hangus Terbakar, Pedagang Akan Direlokasi

  Senin, 16 September 2019   Firda Puri Agustine
Pasar Baru Bekasi. (Firda Puri Agustine/Ayo Media Network)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Kebakaran yang terjadi di Pasar Baru Bekasi pada Jumat (13/9/2019) malam telah menghanguskan sedikitnya 100 kios pedagang. Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi saat ini tengah berupaya melakukan perbaikan dan relokasi.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bekasi Kariman mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang dalam tahap pengumpulan data terkait jumlah kios dan pemiliknya untuk segera ditindaklanjuti.

AYO BACA : Iriana Widodo Ingin Kali di Bekasi Bersih

“Kami berupaya maksimal supaya pedagang bisa kembali berdagang dan memulai aktivitasnya kembali,” kata Kariman saat dihubungi, Senin (16/9/2019).

Upaya pembersihan pasar sudah dikerjakan sejak Sabtu (14/9/2019), berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Hal ini agar tidak kontraproduktif dengan kegiatan investigasi mengingat garis polisi masih terpasang.

AYO BACA : Aksi Bersih-bersih Sampah Dunia Digelar di Bekasi Pekan Ini

Terkait relokasi pedagang ke tempat baru, saat ini Pemkot Bekasi sedang melakukan kajian di beberapa titik lokasi. Namun, belum bisa dipastikan secara rinci. “Yang jelas tidak jauh dari Pasar Baru dan strategis menjangkau pembeli,” ujarnya.

Salah satu pedagang sayur, Warsiman berharap Pemkot Bekasi dapat segera melakukan perbaikan dan relokasi karena ia sudah mengalami kerugian puluhan juta rupiah. Dia juga tidak mempermasalahkan lokasi baru tempatnya berdagang asal tidak sepi.

“Di mana aja yang penting ada yang belinya dan saya bisa jualan normal lagi,” katanya.

Pascakebakaran, pengamanan lokasi ditingkatkan melalui kerja sama penjagaan oleh Unit Pasar, pengelola dan Rukun Warga Pasar (RWP) serta pengamanan oleh Perangkat Daerah terkait untuk mencegah aksi penjarahan/pencurian oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sementara, penyebab kebakaran masih dalam tahap penyelidikan pihak kepolisian. Namun diduga terjadi akibat arus pendek di salah satu counter lantai Basement pasar.

AYO BACA : Wakil Wali Kota Bekasi Janjikan Penataan Taman Irigasi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar