Yamaha Lexi

Dua Guru Besar UPI Latih Menulis Kreatif Guru SD

  Minggu, 15 September 2019   Mildan Abdalloh
Dua Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yakni Prof Rahman dan Prof Anna Permanasari memberikan pelatihan menulis kreatif kepada 76 Guru SD di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. (Mildan Abdalloh/Ayobandung.com)

SUKABUMI, AYOBANDUNG.COM--Dua Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yakni Prof Rahman dan Prof Anna Permanasari memberikan pelatihan menulis kreatif kepada 76 Guru SD di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

Pelatihan menulis kreatif bagi Guru SD di Sukabumi tersebut merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyrakat (PKM) UPI.

"Pelatihan menulis bagi Guru SD dilakukan bertujuan untuk mengembangkan kreativitas tenaga pendidik yang bisa bermanfaat bagi KBM di kelas," tutur Prof Rahman di Bandung, Minggu (15/9/2019).

Menulis tidak hanya membutuhkan teori, namun juga harus diaplikasikan dalam praktik. Sehingga, kata Prof Rahman, selain diberikan materi, guru yang menjadi peserta pelatihan juga langsung mempraktikan ilmu yang didapat.

AYO BACA : Tantangan Sekolah dan Peran Guru Bahasa di Era Pendidikan 4.0

"Peserta membuat tulisan cerita dilema moral. Hasil tulisannya sengaja dikoreksi oleh teman sejawat untuk menghasilkan tulisan yang lebih baik," ucapnya.

Cerita dilema moral yang menjadi tema besar tulisan peserta pelatihan, diharapkan dapat dikembangkan menjadi bahan ajar di kelas pada siswa di kelas tinggi (kelas 4,5,6) maupun pada siswa kelas rendah (1, 2, 3) dengan penulisan cerita yang disesuaikan dengan perkembangan siswa. 

"Hasil dari pelatihan menulis kreatif diharapkan dapat mengembangkan skill  menulis di kalangan Guru sehingga menghasilkan karya yang bermanfaat dan bisa menjadi bahan ajar yang dapat digunakan di kelas untuk menunjang pembelajaran siswa," katanya.

Dalam pelatihan tersebut, Prof Rahman menyampaikan materi umum tentang “Menulis Kreatif”, baik dari segi pengertian, manfaat, tujuan sampai perkembangan menulis di zaman revolusi industri seperti sekarang.

Sementara Prof Anna yang menyampaikan materi khusus cerita dilema moral untuk dijadikan topik menulis kreatif dan dibagi berdasarkan tema-tema yang berkaitan dengan tema kurikulum 2013 di Sekolah Dasar.

AYO BACA : Toteng Suhara, Guru Terbaik se-Bandung Ungkap Cara Mengajarnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar