Yamaha Lexi

Satu Pabrik di Dayeuhkolot Terindikasi Buang Limbah

  Jumat, 13 September 2019   Mildan Abdalloh
Saluran Limbah. (Kavin Faza/Ayobandung.com)

DAYEUHKOLOT, AYOBANDUNG.COM--Sebuah pabrik di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung diduga membuang limbah secara langsung ke Sungai Cisuminta yang bermuara di Citarum.

Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Purwadi mengatakan setelah penutupan saluran sungai Cisuminta pekan lalu, Dinas LH Kabupaten Bandung menemukan satu pabrik yang terindikasi membuang limbah secara langsung ke sungai.

"Dari Dinas LH sudah menemukan satu pabrik yang membuang limbah. Tentu akan kami minta supaya ditindaklanjuti sampai pidana," tutur Purwadi, Jumat (13/9/2019).

AYO BACA : PT MCAB Bantah Saluran Limbah Miliknya Ditutup Paksa

Namun pihaknya belum mengetahui detail pabrik yang diduga membuang limbah secara langsung ke sungai tersebut.

Puwadi melanjutkan pihaknya melakukan evaluasi terkait dampak penutupan saluran air sungai Cisuminta.

"Hasil evaluasi, penutupan kurang efektif karena ada beberapa perusahaan yang tidak membuang limbah secara langsung malah terkena dampak. Makanya kami akan bongkar dulu," ujarnya.

AYO BACA : Polisi dan DLH Tindak Industri Pembuang Limbah

Salah satu pabrik yang terdampak adalah PT MCAB. Perusahaan pengolah limbah tersebut tidak bisa beroperasi yakni mengolah limbah dari sejumlah perusahaan di sekitar Dayeuhkolot karena seluruh areal terendam air dengan ketinggian sampai satu meter.

PT MCAB berjarak sangat dekat dengan sungai Cisuminta, sehingga setelah dilakukan pengecoran, air dari sungai meluap dan masuk ke dalam areal perusahaan pengolah limbah tersebut.

"Kami akan lakukan penutupan air di sebelum PT MACB, supaya aliran sungai Cisuminta dialihkan ke Cikapundung," katanya.

Dengan cara seperti itu, maka sungai Cisuminta menjadi terisolasi, sehingga tinggal saluran dari induatri saja yang terlihat.

"Nanti bisa terlihat, pabrik mana yang membuang limbah. Kami akan telusuri. Sekarang memang baru satu yang terindikasi, tapi dimungkinkan masih ada jika melihat debit air limbah yang terlihat," tutupnya.

AYO BACA : Industri di Dayeuhkolot Bandel

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar