Yamaha NMax

Unjani Transfer Karya Ilmiah Kepada Warga Kelurahan Utama

  Kamis, 12 September 2019   Tri Junari
Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) membagikan ilmu karya ilmiah yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari kepada masyarakat Kelurahan Utama, Cimahi Selatan, Kota Cimahi. (Tri Junari/Ayobandung.com)

CIMAHI SELATAN, AYOBANDUNG.COM--Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) membagikan ilmu karya ilmiah yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari kepada masyarakat Kelurahan Utama, Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Melalui pelatihan yang dihadiri Ibu PKK, Karang Taruna dan warga putus sekolah, Unjani membagi ilmu cara membuat Baterai Tomat (Bamat) Moluskisida Nabati, Biofertilizer dan Hand Sanitizer.

Keempat produk itu merupakan karya ilmiah dosen dan mahasiswa Unjani yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari dan warga bisa membuatnya sendiri.

Ketua LPPM Unjani Dr. Anceu Murniati mengatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan amanat Tri Dharma perguruan tinggi point tiga pengabdian masyarakat. Semua karya ilmiah hasil pendidikan, penelitian dan pengembangan Unjani harus memberi sumbangsih pada lingkungan.

Kami berharap karya ilmiah Unjani ini bisa bermanfaat bagi masyarakat baik dari sisi pola hidup maupun ekonomi. Hari ini misalnya kami beri pelatihan warga bagaimana membuat Hand Sanitizer atau gel pencuci tangan yang bisa dibuat sendiri di rumah,ungkap Anceu disela pelatihan di Kantor Kelurahan Utama Kota Cimahi, Kamis (12/9/2019).

AYO BACA : Kemenristekdikti Gandeng Unjani Tingkatkan Kualitas Penelitian

Sekertaris Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Informatika Unjani Dr. Arie Hardian menerangkan, pada pelatihan ini warga diberi wawasan cara membuat karya ilmiah Unjani yang sudah diakui manfaatnya.

Salah satunya Bamat, Baterai Tomat ini merupakan hasil riset mahasiswa Jurusan Kimia Fakiltas Sains dan Informatika Unjani. 

Hasil karya inovasi tersebut telah dinobatkan sebagai Juara 1 pada Lomba Karya Tulis Ilmiah National Research Inovation Call for Paper of Agrotechnology (NURSERY) 2019 di Universitas Muhammadiyah Malang.

Batre bekas dan tomat busuk bagian dari limbah yang ada di sekeliling, apalagi batre kan tidak jelas dimana pengolahannya. Sehingga dicoba diolah dengan digabungkan, ternyata bisa dimanfaatkan kembali sebagai batre, jelasnya.

Cara pembuatan Bamat yaitu tomat busuk yang mengandung elektrolit diproses menjadi jus diukur tingkat keasamannya hingga pH stabil. 

AYO BACA : Pasang CCTV di Dekat Kampus, Unjani Ajak Warga Buang Sampah pada Tempatnya

Baterai bekas dikosongkan isinya, pasta timbal yang terkandung didalamnya digabung dengan jus tomat busuk dan dimasukkan lagi ke dalam baterei bekas.

Semakin tinggi tingkat keasaman dari buah, maka semakin baik dalam menghantarkan arus listrik dan juga semakin besar energi listrik yang akan dihasilkan.

Menurut Arie, pembuatan Bamat hanya contoh kepada masyarakat bagaimana mengolah limbah menjadi  bermanfaat. 

Kami ingin memancing kreatifitas masyarakat memanfaatkan limbah yang ada sekitar kelurahan. Tidak harus membuat Bamat, tapi menciptakam inovasi lain, jelasnya.

Lurah Utama Neneng Masto'ah, mengatakan, transfer ilmu ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dilibatkannya Ibu PKK agar mereka menyosialisasikam kembali kepada warga lainnya.

Mereka sering lakukan pembinaan ke lapangan dan aksesnya lebih luas sehingga nanti bisa disebarkan ke masyarakat. Biasanya ibu-ibu yang masak, limbahnya bisa dikumpulkan bersama dan bisa diimplementasi membuat batre serupa ya kenapa tidak, ucapnya.

Dia berharap, ilmu yang didapat menopang kreativitas dan inovasi warganya untuk kemudian menciptakan teknologi tepat guna bernilai ekonomis.

Hal ini memotivasi pemuda agar berinovasi dan kreatif sehingga bisa mengembangkan jiwa kewirausahaan. Apalagi, di wilayah Kelurahan Utama banyak warga terdampak PHK akibat kelesuan industri. Mereka bisa peroleh ilmu dan diterapkan di lapangan, imbuhnya.

AYO BACA : Mahasiswa Psikologi Unjani Gelar Seminar Pencegahan Kekerasan Seksual

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar