Yamaha Aerox

Kemarau, Debit Air di Kota Cimahi Turun 70%

  Kamis, 12 September 2019   Mildan Abdalloh
Ilustrasi (pixabay)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM--Kemarau yang berkepanjangan menjadikan debit air yang dikelola PDAM Tirta Raharja di Kota Cimahi menurun drastis.

Menejer Junior Humas PDAM Tirta Raharja Sri Hartati mengatakan distribusi di Kota Cimahi yang mendapat dampak terparah akibat kemarau yang berkepanjangan.

"Untuk Kota Cimahi memang terjadi penurunan debit air. Mencapai 70%," tutur Sri, Kamis (12/9/2019).

AYO BACA : Sumur Wakaf Dusun Grogol Alirkan Air ke Warga

Karena ada penurunan debit air, maka layanan kepada pelanggan di Kota Cimahi mengalami gangguan. Pihak DPAM Tirta Raharja melakukan pendistribusian dengan menggunakan mobil tanki yang dikirim dari sumber air lain seperti wilayah Kabupaten Bandung.

Untuk pengiriman tanki kata Sri dilakukan sesuai dengan permintaan dari pelanggan. "Pengirimannya tidak setiap hari. Tergantung permintaan, kadang dua hari sekali," ujarnya.

Dengan kondisi tersebut, Sri mengimbau agar masyarakat melakukan penghematan air.

AYO BACA : 10 Kecamatan di Kabupaten Bandung Barat Alami Kekeringan

Sri melanjutkan, untuk daerah lain seperti wilayah Kabupaten Bandung ketersediaan air masih mencukupi.

Walaupun beberapa sumber air seperti Situ Cileunca ada penurunan debit, namun secara umum ketersediaan masih mencukupi untuk pelanggan.

"Setiap musim kemarau pasti turun, saya tidak tahu angka penurunannya, saya perlu koordinasi dulu. Tapi sejauh ini air masih bisa disiitribusikan meski tidak senormal biasanya," katanya.

Selain karena ada penurunan debit, gangguan distribusi juga dikarenakan pihaknya melakukan pemeliharaan jaringan pipa.
 
"Kami terus berupaya menjaga kualitas air di musim kemarau, dengan melakukan pemeliharaan jaringan pipa yang sudah melampaui batas usia teknis secara rutin. Menjaga tekanan pipa agar tetap aman serta membersihkan instalasi pengolahan air (IPA)," tutupnya.

AYO BACA : 155.000 Warga Tasikmalaya Terdampak Kekeringan Selama Kemarau

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar