Yamaha Aerox

BJ Habibie Pernah Sekolah di SMAK Dago Bandung

  Rabu, 11 September 2019   Mildan Abdalloh
BJ Habibie saat muda. (@goodnewsfromindonesia)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--  Bandung merupakan kota yang erat kaitannya dengan Presiden ketiga RI BJ Habibie. Suami dari Ainun tersebut memilih Kota Kembang sebagai tempatnya menimba ilmu.

Sebagian besar orang mungkin menyangka jika Habibie merupakan alumi ITB, namun faktanya dia hanya kuliah selama satu semester di perguruan tinggi ternama di Kota Bandung tersebut, karena dia mendapat beasiswa untuk kuliah di Jerman.

AYO BACA : Detik-detik Terakhir BJ Habibie

Justru Habibie rampung mengenyam pendidikan di Sekolah Menengah Atas Kristen (SMAK) Dago, dia merupakan alumni angkatan 1954.

Sejak di SMAK Dago, kecerdasan Habibie sudah nampak. Terutama dalam pelajaran-pelajaran eksakta yang merupakan salah satu keistimewaan BJ Habibie. Ia menjadi sosok favorit di sekolahnya.

AYO BACA : Presiden Jokowi Mengaku Selalu Curhat kepada BJ Habibie

Atas kecerdasannya, setelah lulus dari SMAK Dago, Habibie masuk di ITB. Ia tidak sampai selesai disana karena beliau mendapatkan beasiswa dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk melanjutkan kuliahnya di Jerman.

Pada waktu itu pemerintah Indonesia dibawah Soekarno gencar membiayai ratusan siswa cerdas Indonesia untuk bersekolah di luar negeri menimba ilmu disana. Habibie adalah rombongan kedua diantara ratusan pelajar SMA yang secara khusus dikirim ke pelbagai negara.

Diketahui Habibie kemudian memilih jurusan Teknik Penerbangan dengan spesialisasi Konstruksi pesawat terbang di Rhein Westfalen Aachen Technische Hochschule (RWTH).

Pendidikan yang ditempuah Habibie diluar negeri bukanlah pendidikan kursus kilat tapi sekolah bertahun-tahun sambil bekerja praktek.

Sejak awal Habibie hanya tertarik dengan ‘how to build commercial aircraft’ bagi rakyat Indonesia yang menjadi ide Soekarno ketika itu. Dari situlah muncul perusahaan-perusahaan strategis, ada PT PAL dan salah satunya adalah IPTN.

AYO BACA : BJ Habibie Wafat, Jokowi Sampaikan Duka Mendalam

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar