Yamaha

Kebakaran Lahan Meningkat Drastis di Kabupaten Bandung

  Rabu, 11 September 2019   Mildan Abdalloh
Ilustrasi kebakaran lahan. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Kasus kebakaran lahan di Kabupaten Bandung meningkat drastis akibat kemarau yang berkepanjangan. Kepala Dinas Kebakaran Kabupaten Bandung Kawaludin mengatakan Agustus menjadi puncak kebakaran lahan terbanyak.

"Sejak juli kebakaran lahan mengalami peningkatan. Jumlahnya lebih dari 30 kejadian," tutur Kawaludin, Rabu (11/9/2019).

AYO BACA : Kebakaran Hutan Dominasi Bencana Alam di Jabar Selama Agustus

Jumlah tersebut, kata Kawaludin, menjadi yang terbanyak sepanjang tahun ini. Bahkan lebih dari setengah kejadian kebakaran lahan terjadi pada agustus.

"Dari januari sampai Agustus kejadian kebakaran lahan mencapai 53 kejadian. Sebagian besar memang terjadi pada Agustus dan mulai ada peningkatan sejak Juli. Kalau september belum kami rekap," ujarnya.

AYO BACA : Kebakaran di Andir Hanguskan Rumah Warga dan Empat Motor

Menurut Kawaludin, Agustus dan september diprediksi menjadi bulan yang rawan terhadap kejadian kebakaran lahan. Bahkan pada selasa (10/9/2019) kebakaran lahan terjadi hingga 7 kali.

"Kemarin kebakaran lahan mencapai 7 kejadian. Di Baleendah, Pacet, Soreang dan daerah lainnya," ungkapnya.

Jika ditotalkan, ujar dia, sejak juli lalu sudah ada puluhan hektar lahan yang terbakar. "Cuaca memang menjadi salah satu faktor penunjang terjadinya kebakaran lahan di Kabupaten Bandung. Sudah menjadi kebiasaan, puncak kemarau seperti sekarang kejadian kebakaran lahan meningkat," katanya.

AYO BACA : Belasan Hektare Lahan Perkebunan di Tasik Terbakar

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar