Yamaha Aerox

Biji Adas untuk Kontrol Kolesterol dan 4 Manfaat Lainnya

  Selasa, 10 September 2019   Republika.co.id
Biji adas. (Flickr)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Biji adas merupakan salah satu dari jenis rempah yang mungkin belum terdengar umum di banyak negara.

Namun, di India, biji adas atau yang dikenal juga sebagai saunf, sering menjadi santapan orang-orang setelah mengonsumsi makanan berat, untuk membersihkan gigi dan menyegarkan napas.

Selain itu, biji adas ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari manfaat antibakteri, antioksidan, hingga biji ini kaya dengan mineral mangan yang penting  untuk aktivasi enzim, metabolisme, perlindungan sel, perkembangan tulang, pengaturan gula darah, dan penyembuhan luka, berikut dilansir Indian Express.

1. Kesehatan pencernaan

Minyak atsiri yang ada dalam biji adas diketahui dapat memicu sekresi enzim pencernaan yang membantu proses pencernaan. Hal ini juga membantu mengurangi perut kembung karena pembentukan gas yang berlebihan.

Selain itu, biji adas membantu menetralkan keasaman lambung yang dapat meningkatkan konsumsi makanan yang tidak tepat, gaya hidup, serta diet yang tidak teratur. Biji adas menjadi bahan umum sebagai obat anti-asam lambung.

AYO BACA : Kaitan Daging Kambing dengan Kolesterol

2. Anemia

Selain mengatasi masalah pencernaan, biji adas dapat melawan anemia atau kekuarangan darah.

Komponen utama hemoglobin adalah besi dan di dalam biji ini terdapat sumber yang baik dan asam amino yang disebut histidin untuk membantu dalam pembuatan hemoglobin.

Selain itu, histidin menstimulasi produksi hemoglobin dan komponen darah lainnya.

3. Menurunkan demam

Biji adas dapat membantu menurunkan demam. Konsumsi biji adas dengan merendamnya terlebih dahulu dan saring di pagi hari, kemudian konsumsi.

AYO BACA : Benarkah Durian Mengandung Kolesterol Tinggi?

4. Mengontrol kolestrol

Kadar kolesterol yang tinggi berbahaya bagi tubuh karena menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti serangan jantung, strok, dan artherosclerosis.

Biji adas adalah pilihan yang baik karena serat yang ada di dalamnya membantu menjaga kadar kolesterol rendah dalam darah.

5. Menurunkan tekanan darah

Biji adas merupakan sumber potasium yang penting dan dapat mengurangi ketegangan pada pembuluh darah.

Biji adas juga bisa pengurangan tekanan darah. Selain itu, terdapat kalium dalam biji adas yang dapat mengatur keseimbangan air serta keseimbangan asam-basa dalam tubuh.

Selain dimakan mentah, biji adas dapat dikonsumsi sebagai bumbu. Minyak dari biji ini juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat sejumlah makanan, termasuk untuk menambah rasa dalam kaldu.

AYO BACA : Pegal di Leher Tanda kolesterol, Mitos?

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar