Yamaha NMax

60 Ton Sampah Diangkat dari Kali Jambe Bekasi

  Selasa, 10 September 2019   Firda Puri Agustine
Suasana pembersihan Kali Jambe di Tambun,Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (6/9/2019). (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi berhasil mengangkat 60 ton sampah dari Kali Jambe di Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Selasa (10/9/2019). Dalam proses pembersihan itu, 8 armada truk sampah turut dikerahkan.

“Jenis sampah macam-macam, tapi mayoritas sampah rumah tangga sih,” ujar Kepala Bidang Kebersihan DLH Kabupaten Bekasi Dodi Agus Supriyanto.

AYO BACA : Empat Kecamatan di Bekasi Dinilai Rawan Konflik Etnis

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menargetkan pembersihan dan normalisasi Kali Jambe untuk bisa selesai hari ini. Dodi menjelaskan, proses pengerukan sampah yang sudah dimulai sejak Jumat (6/9/2019) pekan lalu masih menyisakan area 100 meter.

“Ini masih sisa 100 meter-an lagi (yang belum dan sedang dibersihkan). Hari ini harus sudah selesai pokoknya,” kata Dodi.

AYO BACA : Pemkab Bekasi Bentuk Forum Penanganan Sampah Sungai

Saat ini, DLH Kabupaten Bekasi berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bekasi serta masyarakat setempat untuk melakukan sterilisasi serta penyediaan tempat pembuangan sampah bagi warga.

 

Dodi mengimbau agar masyarakat di sekitar bantaran Kali Jambe tidak lagi membuang sampah sembarangan. Menurut dia, hal tersebut apabila dibiarkan akan menimbulkan bencana banjir.

“Ini kami sedang berkoordinasi dengan RT dan RW setempat mencari solusi agar warga tidak lagi membuang sampah ke Kali Jambe,” katanya.

AYO BACA : Bekasi Ajak Milenial Gemar Mengaji Lewat MTQ

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar