Yamaha NMax

Dishub Jabar Akan Cek Lampu Lalu Lintas di Purwakarta

  Selasa, 10 September 2019   Dede Nurhasanudin
Lampu lalu lintas di Kabupaten Purwakarta padam. (ayopurwakarta.com/Dede)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Kepala UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan LLAJ Wilayah II, Iwan Sopyan mengatakan, ada sejumlah hal yang menyebabkan lampu lalu lintas mati, di antaranya karena tidak optimal, kebijakan daerah atau lainnya. Sehingga perlu penelusuran lebih soal itu.

"Sesuai protap untuk hal ini kami akan melakukan pengecekan ke lapangan," ujar dia, Selasa (10/9/2019).

Menurutnya, pengecekan dianggap penting untuk memastikan penyebab utama lampu lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Purwakarta tidak optimal.

Mengingat dalam hal itu pemerintah daerah memiliki kebijakan soal pengaturan arus lalu lintas di daerahnya masing-masing. "Ada beberapa TL yang pungsinya tidak optimal atau dimatikan, karena ada kebijakan daerah yang melakukan managemen rekayasa lalu lintas dengan melalui tahap pantauan atau evaluasi," kata dia.

Untuk itu, lanjut Iwan pihaknya akan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Purwakarta kemudian memastikan ke lapangan, sehingga penyebab lampu lalu lintas mati dapat segera diketahui.

"Intinya kami akan cek ke lapangan untuk memastikan itu," ucap dia.

Sebelumnya, sebagian lampu pengatur lalu lintas di Kabupaten Purwakarta tidak perfungsi atau mati. Akibatnya sering kali arus lalu lintas dari arah berlawanan pun bentrok di tengah persimpangan.

Berdasarkan pantauan, lampu pengatur lalu lintas tidak berfungsi terjadi di tiga titik, yaitu di persimpangan Jalan Taman Pembaharuan, Jalan Ibrahimsingadilaga (persimpangan Iming), exit Tol Jatilujur (Ciganea). Ketiga persimpangan itu merupakan jalan provinsi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar