Yamaha NMax

6,7% Siswa SD di Tasikmalaya Tak Lanjutkan Sekolah ke SMP

  Selasa, 10 September 2019   Irpan Wahab Muslim
Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto. (Irpan Wahab Muslim/Ayo Media Network)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengatakan, 6,7% jumlah anak usia sekolah di Kabupaten Tasikmalaya tidak melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat SMP. Artinya, mereka hanya mengantongi ijazah Sekolah Dasar (SD).

Ade mengatakan perlu adanya perhatian khusus dari berbagai lapisan masyarakat, terlebih kepala desa sebagai pimpinan dan pengayom masyarakat di tingkat bawah. Ia menilai perlu adanya prioritas pendidikan di desa.

“Miris jika melihat fakta ini, tidak terbayangkan bagaimana nasib anak kita ke depan. Sekolah tidak, pondok pesantren pun tidak. Kepala desa sebagai pimpinan di tingkat bawah harus mencari solusi untuk menyelamatkan generasi bangsa ini," ungkapnya.

Namun, dengan adanya kejar paket B dan C, kata Ade, masyarakat bisa kembali mengenyam pendidikan dan mendapatkan ijazah setara SMP dan SMA. Nantinya mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai dengan Ijazah yang dikantongi.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tasikmalaya Imam Ghozali menuturkan, munculnya kasus Kohir pemotor viral yang ternyata tidak bisa membaca dan menulis karena jenjang pendidikan rendah menjadi tamparan bagi pemerintah daerah. Pemerintah harus fokus pada pengentasan kemiskinan dan pendidikan.

Masyarakat juga harus bisa memaksimalkan program pemerintah seperti adanya kejar paket B atau C agar tidak jauh tertinggal dari masyarakar lainnya.

Tidak hanya itu, pemerintah harus lebih mengoptimalkan program literasi untuk menumbuhkan minat baca warga Kabupaten Tasikmalaya. Saat ini, kata Imam, menumbuhkan minat baca dilakukan dengan memaksimalkan perpustakaan keliling dengan menggunakan mobil khusus.

"Kita berkeliling, untuk menumbuhkan minat baca masyarakat. Kedepan mudah mudahan ada anggaran ingin kita membuat pojok baca di setiap titik keramaian," kata dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar