Yamaha NMax

Roda Ekonomi Wisata Situ Ciburuy Lumpuh

  Senin, 09 September 2019   Tri Junari
Situ Ciburuy. (Tri Junari/Ayobandung.com)

PADALARANG, AYOBANDUNG.COM--Menyusutnya debit air obyek wisata Situ Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat memberi dampak domino pada lumpuhnya aktivitas ekonomi pariwisata warga sekitar.

Sejak air situ mengering empat bulan terakhir warga pedagang maupun mereka yang mengais rejeki dari rental perahu dan petani ikan juga tak mendapat keuntungan ekonomi.

Hal itu terjadi karena daya tarik air yang menjadi ciri khas Situ Ciburuy menurunkan minat kunjungan wisatawan hingga 100 persen.

Maryani (45) salah seorang pedagang nasi timbel di sekitar situ mengaku omzet penjualannya turun drastis karena tidak ada wisatawan yang datang saat air situ mengering.

Kondisi keringnya situ memang menjadi agenda tahunan karena situ merupakan danau retensi, namun tahun ini kondisi keringnya situ lebih parah dari tahun sebelumnya.

"Kalau ada airnya kan wisatawan banyak datang, botram sambil lihat situ atau naik perahu keliling situ. Kalau kering begini nggak ada yang datang," ucap dia, Senin (9/9/2019).

AYO BACA : Kemarau, Situ Ciburuy Menyusut Jadi 1 Meter

Mulyana (38) warga Ciburuy yang biasa menyewakan perahu mengatakan hal sama, menurutnya jika situ debit airnya normal banyak wisatawan yang tertarik berkeliling situ memanfaatkan jasanya.

Namun sejak air surut ia bersama warga lainnya tak lagi mengandalkan pendapatan dari menyewakan perahu. 

"Ya biasanya kan ada saja yang naik perahu, kalau seperti sekarang palng jadi buruh tani dulu. Nanti kalau penuh narik lagi," ujarnya.

Menurutnya, debit air Situ Ciburuy memang kerap mengalami penyusutan pada musim kemarau, tetapi tidak pernah parah seperti saat ini hingga sebagian titik tampak seperti lapangan.

"Iya setiap kemarau suka surut, tapi sekarang lebih parah, kemarin saja di titik yang surut itu (bagian tengah) bisa dilintasi mobil," katanya.

Selain itu, kata dia, titik yang sudah surut itu juga setiap sore hari kerap dijadikan tempat bermain bagi warga setempat, khususnya anak-anak. Sedangakan sebagiannya lagi sudah dijadikan tempat bercocok tanam oleh warga sekitar.

Danau di Situ Ciburuy sendiri memiliki luas sekitar 8 hektare dan saat ini hampir setengahnya sudah mulai mengering, hanya beberapa titik saja yang terlihat masih ada airnya, itupun sudah dangkal.

AYO BACA : Kemarau Panjang, Situ Ciburuy Jadi Daratan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar