Yamaha NMax

Kemarau Panjang, Situ Ciburuy Jadi Daratan

  Senin, 09 September 2019   Tri Junari
Situ Ciburuy. (Tri Junari/Ayobandung.com)

PADALARANG, AYOBANDUNG.COM--Dampak dari musim kamarau panjang tahun 2019 debit air di Situ Ciburuy di Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat (KBB) terus menyusut hingga menjadi daratan yang bisa digunakan sepakbola.

AYO BACA : Kemarau, Situ Ciburuy Menyusut Jadi 1 Meter

Penyusutan berangsur terjadi sejak empat bulan terakhir dan menyisakan bagian kecil situ yang tergenang air. Bahkan saking kering sudah lama daratan yang awalnya dasar situ ditumbuhi rumput.

AYO BACA : Krisis Air, Perawat KBB Salurkan Bantuan Air Bersih

Anggota Forum Masyarakat Cinta Ciburuy (Formacib) Alo (45), mengatakan, menyusutnya debit air di Situ Ciburuy sudah terjadi sejak empat bulan yang lalu.

"Yang ditengah juga saat ini sudah kaya lapangan bola, tumbuh rumput hijau. Kalau sore banyak yang bermain di titik yang sudah tidak ada airnya itu," ujarnya saat ditemui di Situ Ciburuy, Senin (9/9/2019).

Sebelum musim kemarau, lanjut dia, kedalaman Situ Ciburuy bisa mencapai 5 hingga 7 meter, namun setelah terjadi musim kemarau saat ini kedalamannya hanya mencapai 1 hingga 1,5 meter saja.

"Saat ini kondisinya sudah dangkal selama musim kamarau ini, tapi jadi banyak masyarakat yang penasaran dengan kondisi seperti ini karena memang jarang," katanya.

AYO BACA : Krisis Air Bersih, Warga Purwakarta Gunakan Air Sungai

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar