Yamaha Aerox

Q9, Layanan Pengiriman Barang 9 Jam dari Pos Indonesia

  Senin, 09 September 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Q9, Layanan Pengiriman Barang 9 Jam dari Pos Indonesia. (ayobandung.com/Eneng Reni)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Seiring perkembangan teknologi informasi, kebutuhan masyarakat untuk dapat mengakses layanan jasa kurir dengan mudah, kapan saja dan dimana saja menjadi tantangan tersendiri bagi para penyedia jasa ekspedisi. Bukan hanya itu, bagi para pebisnis online dan pelaku UKM, aspek kecepatan, keamanan dan kepraktisan pengiriman barang menjadi bagian penting dari kesuksesan usaha. 

Terlebih, dewasa ini permintaan pasar terhadap layanan lokal dalam kota yang dapat dikirim pada hari yang sama pun semakin tinggi. Alhasil untuk terus bertransformasi dan merelevankan seluruh lini bisnis dan menjawab tantangan tersebut, PT Pos Indonesia (Persero) mengeluarkan layanan anyar untuk jasa pengiriman barang dalam kota.

Layanan anyar tersebut, dinamakan Q9 yakni layanan pengiriman barang sameday service dalam kota (khusus Pulau Jawa) dan Ibu kota Propinsi untuk kota-kota di luar Pulau Jawa, dengan batas waktu maksimal 9 jam. 

Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia, Ihwan Sutardiyanta menyampaikan, batas akhir pengiriman untuk layanan Q9 sampai pukul 16.00 waktu setempat. Tarif kiriman Q9 dihitung per-kg, yakni Rp12.000/kg dengan tingkat berat maksimal paket 5 kg. 

"Q9 ini adalah layanan untuk pengiriman dalam kota yang kita targetkan untuk bisa sampai dalam waktu maksimal 9 jam. Jadi pada hari yang sama kita harapkan bisa sampai, bisa dikirim lewat Kantor Pos maupun Agenpos. Dan kita lakukan pick-up dan bisa dikirim dari jam 08.00 -16.00 WIB," ungkap Ihwan disela peluncuran Q9 di Kantor Pos Bandung, Senin (9/9/2019).

Ihwan juga menyampaikan, selain layanan di loket-loket Kantor Pos dan Agenpos, Q9 menyediakan layanan jemput kiriman (pick-up service) oleh pasukan O-Ranger dengan menghubungi Call Center 1500 261.  Bahkan hingga akhir bulan Desember 2019 berlaku promo gratis ongkos kirim untuk pengiriman berikutnya apabila kiriman tidak tiba di hari yang sama. 

"Keunggulan Q9 ini juga waktu tempuhnya pasti. Juga ada garansi gratis ongkir pada waktu enggak bisa memenuhi waktu tempuh yang kita janjikan. Harganya, kita kompetitif dibandingkan pesaing karena memang kita ingin mendukung UMKM di Indonesia supaya bisa tumbuh berkembang bersama-sama sehingga kami memberikan harga yang kompetitif," katanya.

Bukan hanya itu. iIhwan juga menyebut Q9 membuka layanan COD (Cash on Delivery) atau bayar di lokasi tujuan dengan persetujuan dari pengirim dan dilengkapi dengan aplikasi payment PosGiro Mobile. Bahkan tersedia notifikasi yang akan dikirim kepada penerima barang sesaat setelah kiriman di pos-kan melalui loket KantorPos, O-Ranger maupun Agenpos.  

"Untuk laporannya ada notifikasi jadi untuk memastikan kalau kiriman itu sampai, dan diterima oleh siapa, ada notifikasi. Ini ke depan akan segera kita kombinasikan dengan layanan cash on delivery (COD) jadi untuk memudahkan dan mengamankan proses jual beli antara pembeli dan penjual. Pos berfungsi di tengah-tengah untuk memastikan proses transaksi antara pembeli dan penjual itu dilakukan dengan aman," ujarnya.

Ihwan juga menyampaikan, peluncuran Q9 ini serempak di 66 kota di Indonesia. Alasan dipilihnya 66 kota ini, lanjut Ihwan, lantaran wilayah-wilayah tersebut diyakini memiliki potensi pertumbuhan UMKM yang baik. 

"Kedepan kita akan kembangkan sesuai dengan perkembangan UMKM. Karena target kita tentunya gak ingin statis bahwa layanan Pos mungkin dulu cuman punya layanan tertentu. Maka kami ingin punya agility bahwa bisnis di Indonesia berkembang seperti apa, kami memberikan solusi yang bisa pas dengan kebutuhan mereka sehingga Pos tetap dipakai, dan ingin membuat pelanggan loyal kepada kami," pungkas Ihwan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar