Yamaha

YLKI Sebut Audisi Bulu Tangkis Bisa Dilakukan Tanpa Merek Rokok

  Senin, 09 September 2019
Sejumlah anak mengikuti Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis 2019 PB Djarum di GOR Satria Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (8/9/2019). (ANTARA /Idhad Zakaria)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM—Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia alias YLKI menyatakan, audisi anak untuk menjadi atlet bulu tangkis bisa dilakukan tanpa menyertakan logo merek produk rokok.

Penggunaan logo produk rokok pada audisi anak tersebut, kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi, melanggar regulasi.

Sebelumnya, Komisi Perlindungan Anak Indonesia dan Yayasan Lentera Anak menolak penggunaan logo rokok dalam audisi atlet bulu tangkis.

AYO BACA : Mohammad Ahsan Sayangkan PB Djarum Berhenti Gelar Audisi

Hal itu ditanggapi penyelenggara audisi, PB Djarum, dengan menghentikan audisi umum bulu tangkis. Penghentian audisi itu pun menjadi polemik di masyarakarat.

YLKI menekankan permintaan KPAI dan LAI bukan menghentikan audisi bulu tangkis, tetapi audisi yang tidak melibatkan logo merek rokok, dalam hal ini Djarum.

Tulus Abadi menganggap penggunaan logo perusahaan rokok tidak pantas dalam audisi bulu tangkis. Selain itu, kata dia, melanggar regulasi yang ada, yakni PP No 109 tahun 2012.

AYO BACA : Menpora Minta PB Djarum Tak Hentikan Audisi Bulutangkis

"Apa pun alasannya, logo tersebut adalah brand image bahwa produk tersebut adalah rokok, walau berkedok foundation," katanya, dalam siaran pers, Senin (9/9/2019).

Ia mengungkapkan, dalam praktik olahraga di level internasional, termasuk di dalam bulu tangkis, adalah terlarang melibatkan industri rokok, dalam bentuk apapun.

YLKI juga mengritik keras sikap Menpora yang justru mendukung audisi tersebut dengan sponsor PB Djarum.

"Sekali lagi, audisi untuk mencari bibit unggul di bidang bulu tangkis adalah hal yang sangat positif dan patut diendors. Namun, melibatkan industri rokok dan apalagi anak-anak sebagai obyeknya adalah tidak pantas dan melanggar regulasi," ujarnya. 

AYO BACA : Direktur Kepatuhan bank bjb Ungkap Filosofi Bulu Tangkis

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar