Yamaha

Suami 'Jajan' Saat Istri Hamil, Penyebab Baru Penularan HIV Tasik

  Minggu, 08 September 2019   Irpan Wahab Muslim
Ilustrasi seks. (Istimewa)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 353 warga Kabupaten Tasikmalaya dinyatakan menderita HIV. Berdasarkan catatan dinas terkait, penderita tersebar di 37 kecamatan dari 39 kecamatan Kabupaten Tasikmalaya.

AYO BACA : Permainan Persib di Jalur Juara Dinanti Bobotoh

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya Asep Ahmad Hidayat menuturkan, HIV bisa ditularkan dari berbagai faktor. Khusus di Kabupaten Tasikmalaya, penularan kebanyakan diakibatkan penggunaan jarum suntik secara bersamaan.

AYO BACA : Usai Dibersihkan, Kali Jambe Bakal Steril dari Sampah

Penularan biasa ditemui pada kasus pembuatan tato, penyalahgunaan narkoba, seks bebas, serta ibu hamil dan menyusui. Bahkan, kata Asep, faktor yang terakhir yakni penularan dari ibu hamil dan menyusui menjadi penyebab terbaru. Suami yang 'nakal' sering melakukan aktivitas seks bebas berdampak buruk pada istri dan sang anak.

"Misalkan, ada suami yang bekerja di luar daerah sering jajan, bergonta ganti pasangan. Nah menularkan ke istrinya dirumah. Itu yang kita temukan," papar Asep kepada ayotasik.com, Minggu (8/9/2019).

Pihak dinas, lanjut Asep, terus melakukan pemantauan bersama organisasi peduli HIV. Pemantauan itu berupa pendataan dan pemeriksaan ke lapangan. Jika ditemukan kasus baru, pihaknya memberi pendampingan dan pengobatan.

"Masyarakat juga bisa memeriksakan ke Puskesmas terdekat. Sebagai langkah antisipasi saja, karena kalaupun positif misalnya kita juga merahasiakan identitas penderita," pungkas Asep.

AYO BACA : Harumkan Bandung, Silvani Bopong Prestasi Karate dari Jepang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar