Yamaha

Aktivitas Erupsi Gunung Tangkuban Perahu Belum Ada Penurunan

  Sabtu, 07 September 2019   Faqih Rohman Syafei
Aktivitas erupsi Gunung Tangkuban Parahu pada Sabtu (7/9/2019).(PVMBG)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Lebih dari sebulan Gunung Tangkuban Parahu mengalami erupsi. Hingga kini, status Tangkuban Parahu masih berada di level II atau waspada. 

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani mengatakan pada aktivitas vulkanik Tangkuban Parahu masih tinggi, teramati dari tinggi kolom abu yang masih terjadi.

"Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis-sedang," ujarnya kepada Ayobandung.com, Sabtu (7/9/2019).

Dia mengatakan pada hari ini sedikitnya terjadi dua kali embusan Tangkuban Parahu dengan amplitudo 20 - 43 mm dengan durasi 17 - 20 detik, dan satu kali gempa tektonik jauh.

"Satu kali tektonik jauh dengan amplituda 45 mm, durasi 52 detik. Tremor menerus terekam dengan amplitudo 2 - 15 mm (dominan 5 mm)," katanya.

Phaknya belum dapat memastikan penurunan aktivitas vulkanik Tangkuban Parahu. Untuk itu, dia mengimbau kepada wisatawan dan warga sekitar sementara waktu tidak beraktivitas di dekat gunung. 

"Tidak mendekati kawah yang ada di puncak Tangkuban Parahu dalam radius 1,5 km dari kawah aktif," terangnya.

Di samping itu, pihaknya meminta masyarakat sekitar Tangkuban Parahu tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu tentang letusan. Selain itu, dianjurkan untuk selalu mengikuti arahan BPBD setempat.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar