Yamaha

Polisi Bakal Tindak Tegas Pelaku Pungli Sopir Truk di Cimahi

  Kamis, 05 September 2019   Tri Junari
Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara. (ayobandung.com)

CIMAHI SELATAN, AYOBANDUNG.COM--Aksi Pungutan Liar (Pungli) terhadap sopir angkutan barang yang melintas di Jalan Cibaligo Kota Cimahi viral di Media Sosial (Medsos). Video ini sudah diunggah dan dibagikan diberbagai akun media sosial, dilihat ratusan ribu warganet dan mendapat ribuan komentar.

Dalam video berdurasi 1 menit di laman facebook Romansa Sopir Truck (SPT) seorang sopir truk sengaja merekam aksi diduga pungli oleh pria yang memepetnya menggunakan motor. Ia sengaja merekam video saat penyerahan uang pungli dan mengeluh uang itu untuk anaknya.

Saya ingin mengungkapkan gimana aktifitas seorang sopir yang dari Cirebon ke sini (Cimahi), ujar sopir tersebut.

Kemudian, sopir tersebut mengeluarkan uang pecahan Rp.100 ribu dan memberikannya pada pria yang meminta uang. Ia juga memperlihatkan selembar kwitansi yang diberikan dari oknum pelaku pungli itu.

Tertulis kwitansi hanya terdapat nominal sebesar Rp 50 ribu yang harus dibayar, tanpa cap dan identitas lainnya.

Harusnya mintanya sama suplier bukan sama sopir. Tolong gaji sopir itu nggak seberapa gajinya kecil,keluh sopir tersebut.

Kemudian, sopir itu menyerahkan uang Rp 100 ribu kepada oknum pelaku yang dalam video mengenakan kaos dan celana jeans. Tepat di depan truk terdapat motor sport berharga mahal yang digunakan pelaku. Pelaku lalu memberikan uang kembalian Rp 50 ribu.

Tadinya uang buat jajan anak saya dipotong lagi. Gak tau pemerintah atau apa mudah-mudahan barokah aja. Ini jatah anak saya, ujar sopir tersebut.

Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mengatakan Polisi langsung melakukan penelusuran kebenaran video tersebut.

Jajaran kepolisian Polres Cimahi menegaskan masih memburu pelaku pungli terhadap sopir truk yang viral di media sosial.

Kami saat ini masih terus memburu pelaku pungli yang viral di media sosial tersebut. Sudah kami terjunkan anggota sejak kemarin dan sudah menemukan titik terang, ujar Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, saat ditemui di Kantor DPRD Kota Cimahi, Jalan Djulaeha Karmita, Kamis (5/9/2019).

Pihaknya juga sudah memastikan jika lokasi pemungutan liar itu terjadi di kawasan industri Kota Cimahi.

Untuk lokasinya sudah kami pastikan (A1) di Cibaligo. Masyarakat diharap bersabar menunggu hasil lidik anggota kami, bebernya.

Rusdy melanjutkan, pihaknya bakal menindak tegas apabila ada tindak pidana yang dilakukan siapapun termasuk pelaku pungli yang saat ini masih diburu.

Kami pastikan semua pelaku indikasi tindak pidana akan ditindak tegas. Imbauan kami masyarakat saling menghargai, jangan bertindak seperti ini (pungli) karena merugikan yang lain, tegasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar