Yamaha NMax

2 Tahun Lebih, Dinkes Tasik Tak Punya Kepala Dinas Definitif

  Kamis, 05 September 2019   Irpan Wahab Muslim
Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya. (ayotasik.com/Irpan Wahab)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM--Perubahan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) serta banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) pensiun membuat lima Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) belum diisi oleh kepala dinas definitif. Ke lima SKP itu yakni, Satpol PP dan Damkar, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Selain lima SKPD, ada juga Jabatan Sekretaris Daerah dan Jabatan Staf Ahli Bupati. Bahkan dari semua kekosongan Jabatan Tinggi Pratama itu, Jabatan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) sudah tidak diisi lebih dari 2 tahun.

Menanggapi kondisi itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manudia (BKDPSDM) Kabupaten Tasikmalaya Muhammad  Zen membantah jika dalam pengisian jabatan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) yang selama ini diisi Plt Kadis, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya terkesan memperlambat.

Pemerintah daerah justru saat ini sedang mencari kandidat untuk pengisian jabatan Kadinkes sesuai dengan ketentuan yang ada.

"Tidak benar jiga ada pihak yang beranggapan seperti itu. Bupati hari ini tidak mau gegabah apalagi aturannya semakin ketat," kata Zen kepada wartawan, Kamis (5/9/2019).

Salah satu upaya yang sudah dilakukan untuk pengisian Jabatan Kadinkes, kata Zen, pemerintah sudah melakukan assesmen yang digelar tiga bulan lalu. Namun pada akhirnya, dari sekian banyak pejabat esselon IIb yang mengikuti assesmen, tidak satupun yang memenuhi sarat dan kriteria untuk menempati jabatan kadinkes yang memiliki kekhususan termasuk untuk Kadishub.

"Syaratnya untuk Kadinkes itu pendidikan harus linier, nah dikita belum ada pejabat yang memenuhi syarat itu, " ungkap Zen.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar