Yamaha Aerox

Pria Ini Rintis Usaha di Indonesia, Kini Jadi Bos Baja Dunia

  Kamis, 05 September 2019   Republika.co.id
Lakshmi Mittal, pria yang merintis usaha di indonesia dan kini jadi bos baja dunia. (Forbes)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Sebelum menjadi miliarder kelas dunia, Lakshmi Mittal merintis usahanya di Indonesia, lebih tepatnya di Surabaya, Jawa Timur.

Mittal pindah ke Indonesia dari negara asalnya India sejak 1976. Kala itu ia mendirikan pabrik baja pertamanya, PT Ispat Indo di atas sawah milik ayahnya.

PT Ispat Indo merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai jenis billet, batang kawat, dan batangan karbon rendah dan tinggi.

Saat itu, perusahaan ini menjual sekitar 70 persen produknya ke pasar domestik, dan sisanya diekspor ke Asia Pasifik.

Setelah perusahaan itu berkembang pesat, Mittal memutuskan melebarkan sayap bisnisnya dengan ekspansi ke berbagai negara dengan mengakuisisi perusahaan baja yang tersebar di berbagai negara.

Melansir dari Forbes, Kamis (5/9/2019), saat ini Mittal merupakan pemilik perusahaan baja terbesar di dunia, Mittal Steel Company.

Berdasarkan data dari Bloomberg, total kekayaan pria kelahiran tahun 1950 ini tercatat sebesar US$11,2 miliar atau sekitar Rp164,62 triliun.

Saat ini namanya tercatat di posisi ke-122 sebagai orang terkaya di dunia, versi Bloomberg. Kekayaan Mittal mayoritas berasal dari kepemilikan sahamnya di ArcelorMittal sejumlah 38 persen.

Sebenarnya, nama Mittal telah melambung saat ia membeli rumah termahal dalam sejarah di Kensington Mansion, London, dengan harga US$128 juta atau sekitar Rp1,8 triliun.

Tak hanya perusahaan baja saja, Mittal juga memiliki saham di klub sepak bola Inggris.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar