Yamaha

Polisi Bekuk Perampok Bandar Sayur Gununghalu

  Rabu, 04 September 2019   Tri Junari
Kanit Reskrim Polsek Gununghalu menunjukan para pelaku perampokan bandara sayuran, di Mapolres Cimahi, Rabu (4/9/2019). (Tri Junari/Ayobandung.com)

GUNUNGHALU, AYOBANDUNG.COM--Jajaran Satuan Reserse Kriminal Polres Cimahi bersama Polsek Gununghalu berhasil mengungkap teka-teki kasus perampokan rumah milik bandar sayuran Ayep Japra (39) di Kp. Paojan RT01 RW16 Desa Cilangari, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.

Aksi perampokan disertai penyekapan ini dilakukan empat pelaku berinisial YS, DD, YS, dan MW alias Obek pada 12 Juli 2019 pukul 02.00 WIB. Mereka berhasil membawa barang berharga perhiasan emas, laptop dan ponsel milik korban senilai total Rp387 juta.

Kanit Reskrim Polsek Gununghalu, Iptu Taslim menerangkan, berdasar hasil pemeriksaan mereka telah merencanakan aksi perampokan ini. Sasarannya rumah korban yang dianggap orang kaya karena dikenal bandar sayuran di kampung tersebut.

Agar tidak ada saksi yang melihat, keempat pelaku berjalan kaki menyusuri sungai sejauh lima kilometer untuk tiba di belakang rumah korban, ungkap Taslim di Mapolres Cimahi, Rabu (4/9/2019).

AYO BACA : Rampok di KBB Gasak Mata Uang Asing Rp900 juta

Saat sampai di belakang rumah mereka mengamati dari jauh aktivitas penghuni rumah, dirasa sudah terlelap dua jam kemudian empat pelaku mulai menjalankan aksinya.

Tiga orang pelaku masuk kedalam rumah dengan cara membobol pintu belakang menggunakan linggis. Menggunakan penutup wajah mereka mengancam tujuh penghuni rumah dengan golok.

Didalam ada empat orang dewasa dan tiga anak. Setelah memukul salah satu korban dengan gagang golok kemudian mereka disekap dalam kondisi yang dewasa diikat tali sepatu dan baju, tutur Taslim.

Setelah melumpuhkan penghuni rumah, keempat pelaku leluasa menggeledah seluruh isi rumah dan berhasil membawa barang berharga milik korban senilai Rp387 juta.

AYO BACA : Rampok Cililin Sekap Korban Sebelum Gasak Harta Ratusan Juta

Kasatreskrim Polres Cimahi, AKP Yohannes Redhoi Sigiro mengungkapkan, empat pelaku berhasil diringkus setelah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara, mengumpulkan keterangan saksi dan bukti petunjuk.

Dua dari empat orang tersangka ditangkap di wilayah hukum Polres Cianjur. Mereka merupakan perampok yang tidak segan melakukan kekerasan dalam menjalankan aksinya.

Pelaku di Cianjur diamankan oleh Tim Resmob Polres Cimahi dan anggota Polsek Gunung Halu, tegasnya. 

Dari tangan tersangka Polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti kejahatan berupa masker yang digunakan saat aksi, golok dan barang seperti mobil yang dibeli tersangka dari hasil perampokan.

Atas perbuatannya keempat tersangka dijerat pasal 365 KUHPidana tentang pencurian dengan kekerasan dan ancaman hukumam maksimal tujuh tahun penjara.

AYO BACA : Polisi Tangkap Perampok Minimarket Bersenpi di Bandung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar