Yamaha

PLN Siapkan Ultra Fast Charging Station untuk Kendaraan Listrik

  Rabu, 04 September 2019   Istihanah Soejoethi
Ilustrasi--Petugas membersihkan mobil listirk dalam Pameran Kendaraan Listrik Masa Depan di kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (31/8/2019). Kegiatan tersebut mengangkat tema Menuju Indonesia Bersih Udara dan Hemat Energi dengan Kendaraan Listrik. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Demi menegaskan komitmennya dalam mendukung program percepatan kendaraan bermotor listrik, PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) siap menyediakan Ultra Fast Charging Station, yaitu stasiun pengecasan kendaraan mobil listrik yang kecepatannya melebihi Fast Charging Station.

Hal itu disampaikan oleh General Manager PLN Disjaya, Ikhsan Asaad disela-sela acara Indonesia Electrical Motor Show (IEMS) 2019, Rabu (4/9/2019). 

AYO BACA : Pemerintah Libatkan Swasta untuk Stasiun Pengisian Energi Listrik

"Ultra Fast ini 150 kW, jadi mengecas 20 menitan kurang lebih, langsung penuh," ujar Ikhsan.

PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) menargetkan 1000 SPLU (Stasiun penyedia listrik umum) untuk mempemudah kebutuhan listrik masyarakat di tempat umum.

AYO BACA : Moeldoko Berharap Mobil Listrik Bisa Dipakai di Ibu Kota Baru

Lebih lanjut Ikhsan mengatakan, untuk penempatan Ultra Fast Charging Station ini rencananya akan dilakukan di sekitaran Monas, Jakarta Pusat. Namun, belum mendapat lampu hijau dari Gubernur DKI Jakarta.

"Kita lagi minta izin sama Gubernur, supaya ditempatkan di tempat-tempat yang strategis di Jakarta, misalnya Monas," kata Ikhsan.

PLN Disjaya baru akan membangun satu stasiun pengisian ultra fast untuk tahun ini. Namun, ada PLN juga akan membangun tiga stasiun fast charging 50 kW dan 10 stasiun normal charging.

Tahun ini, PLN baru akan membangun satu stasiun ultra fast charging. Pasalnya, investasi untuk pembangunan stasiun ini  diklaim cukup mahal. Ikhsan menyebutkan nilai investasinya sekitar Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar.

"Kita coba dulu satu, karena memang investasinya cukup mahal. Tahun depan kita tambah lagi, setidaknya untuk meyakinkan masyarakat," pungkasnya. 

AYO BACA : IEMS 2019, Pameran Mobil Listrik Pertama di Indonesia

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar