Yamaha

Gelar Aksi di DPRD Jabar, Ratusan Buruh Tolak Revisi UU Ketenagakerjaan

  Rabu, 04 September 2019   Faqih Rohman Syafei
Ratusan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Jawa Barat menggelar aksi unjuk rasa di halaman Gedung DPRD Jawa Barat, Rabu (4/9/2019). (Faqih Rohman Syafei/ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Ratusan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Jawa Barat menggelar aksi unjuk rasa di halaman Gedung DPRD Jawa Barat, Rabu (4/9/2019).

Ketua KSPSI Jawa Barat, Roy Jinto mengatakan aksi ini untuk menyampaikan aspirasi kaum buruh terkait penolakan terhadap revisi UU No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Revisi tersebut dinilai akan merugikan kaum buruh dan berdampak pada keluarganya. 

AYO BACA : Buruh Jabar Gelar Demo Tolak Rencana Revisi UU No 13 Tahun 2003

"Jika untuk kepentingan investasi mestinya UU investasi yang diperbaiki agar menarik investor, kalau UU ketenagakerjaan akan menyengsarakan kaum buruh,"ujarnya, Rabu (4/9/2019).

Kepada anggota DPRD Jawa Barat yang baru dilantik, dia meminta untuk segera menginisiasi pembuatan Perda tentang penetapan upah, serta Perda tentang pengawasan ketenagakerjaan di Jawa Barat. 

AYO BACA : Upah Minimum Jabar Disebut Dilematis, 130 Ribu Buruh Terancam Dirumahkan

"Kedua Perda tersebut tujuannya untuk melindungi kaum buruh di Jawa Barat yang kini posisinya semakin lemah. Sehingga harus segera diinisiasi," kata Roy. 

Sementara itu, peserta aksi,Tanto (39) asal Bekasi Utara mengatakan jika revisi UU ketenagakerjaan tidak ditolak maka sejumlah hak-hak kaum buruh akan dihilangakan. Tentunya, kata dia, hal itu akan merugikan kaum buruh.

"Nilai upah akan dikurangi, outsourcing dan kontrak kerja berlaku untuk semua jenis pekerjaan dan dengan batas waktu yang lebih lama, pesangon juga akan dihilangkan," ucapnya. 

Dia berharap agar pemerintah mendengar tuntutan kaum serta mendukung upayanya.  Hal tersebut untuk melindungi kaum buruh dan angkatan kerja lainnya. 

AYO BACA : Perjuangan 11 Tahun Buruh Kebun Asal Tasik Bisa Naik Haji

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar