Yamaha Lexi

Tengkorak Usia 14 Ribu Tahun Ditemukan di Inggris

  Rabu, 04 September 2019   Republika.co.id
Seseorang menemukan kembali tengkorak paling tua di Inggris bernama Greta. (Daily Star)

BRANSTON, AYOBANDUNG.COM—Seseorang menemukan kembali tengkorak paling tua di Inggris. Tengkorak seorang wanita yang ditemukan di lubang kerikil Staffordshire diperkirakan berusia lebih dari 14.000 tahun. Ini adalah tengkorak lengkap tertua yang ditemukan di Inggris.

Tengkorak, dari seorang ilmuwan yang bernama Greta, digali di Branston, Staffordshire, pada tahun 1943. Saat itu, diyakini berusia sekitar 10.000 tahun dan dipajang di Burton Trent Museum. Namun, setelah museum ditutup sekitar 40 tahun yang lalu, tengkorak Greta hilang.

AYO BACA : Demi Mirip Tengkorak, Pria Ini Operasi Wajah Berkali-kali

Dilansir dari Daily Star, Selasa (3/9/2019), tengkorak itu ditemukan kembali terkunci dan tertutup debu di Stoke's Potteries Museum oleh penggila arkeologi David Adkins.

Pemeriksaan lebih dekat terhadap barang-barang lain yang ditemukan bersama Greta menunjukkan bahwa tengkorak itu mungkin jauh lebih tua daripada yang diperkirakan semula.

AYO BACA : Menggunakan Smartphone Dapat Menyebabkan Keanehan pada Tengkorak

"Saya kembali ke catatan kertas dan menemukan terkubur di arsip sebuah data dari gigi raksasa yang berasal dari lokasi yang sama setelah Greta ditemukan. Mammoth punah di Inggris lebih dari 14.000 tahun yang lalu," kata David, manajer pusat komunitas dari Burton.

Jika gigi itu adalah salah satu benda kubur di makam Greta, dia mungkin berusia lebih dari 14.000 tahun. Tengkorak ini membawa kembali ke masa Palaeolitik atau Zaman Batu Awal.

"Ini akan luar biasa, saya tidak tahu ada tengkorak lengkap pria atau wanita dari periode ini," tambah David.

AYO BACA : Tengkorak Pria Berusia 500 Tahun Ditemukan di Sungai Thames London

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar