Yamaha NMax

Agus Rahardjo: Saya Harap Presiden Berpikir Jernih Soal Capim KPK

  Rabu, 04 September 2019   Rizma Riyandi
Ketua KPK Agus Rahardjo (republika)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo berharap Presiden Joko Widodo mempertimbangkan saran dari masyarakat terkait 10 nama calon pimpinan KPK periode 2019-2023 berdasarkan hasil seleksi Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK. Ia berharap presiden berpikir jernih. 

Menurutnya KPK sudah mengirimkan surat pendapat tentang nama-nama calon pimpinan lembaga antirasuah itu kepada pansel. Namun pansel mengganggapnya sudah menjadi peristiwa hukum tidak bersedia datang ke KPK untuk melihat alat buktinya terkait rekaman dan data.

"Kami sudah meminta pansel untuk datang ke KPK, namun pansel tidak mau datang. Saya tidak tahu kenapa mereka tidak datang, namun kemungkinan sibuk," ujarnya, Rabu (4/9/2019).

Agus mengatakan, dari 10 nama calon pimpinan yang dihasilkan pansel itu, ada beberapa catatan yang dimiliki KPK dan pihaknya sudah berkirim surat pendapat kepada pansel.

"KPK mengajak semua pihak untuk tetap mengawal dan menunggu 10 nama yang diajukan Presiden pada DPR secara resmi," katanya.

Sepuluh nama calon pimpinan KPK hasil seleksi pansel yang akan diserahkan ke Presiden Joko Widodo, yakni Alexander Marwata (komisioner KPK), Firli Bahuri (anggota Polri), I Nyoman Wara (auditor BPK), Johanis Tanak (jaksa), Lili Pintauli Siregar (advokat), Luthfi Jayadi Kurniawan (dosen), Nawawi Pomolango (hakim), Nurul Ghufron (dosen), Roby Arya B (ASN Sekretariat Kabinet), Sigit Danang Joyo (ASN Kementerian Keuangan).

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar