Yamaha Lexi

Pemkot Cimahi Siapkan Dana Rehabilitasi Rumah Terdampak Bencana

  Selasa, 03 September 2019   Tri Junari
Ilustrasi rumah rusak akibat bencana alam. (Attia/Ayobandung.com)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM--Pemerintah Kota Cimahi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi menyiapkan anggaran khusus untuk rehabilitasi rumah yang terdampak bencana. Total dana yang tersedia mencapai Rp150 juta diperuntukan bagi 10 unit rumah warga yang rusak diterjang bencana.

Anggaran itu mengalami penyusutan dari pagu anggaran yang direncanakan tahun ini. Awalnya, dana bantuan perbaikan rumah dari BPBD Kota Cimahi mencapai Rp440 juta. Namun karena adanya rasionalisasi, anggaran itupun dipotong hingga menyisakan Rp150 juta. 

AYO BACA : BPBD Kota Cimahi Rancang Peta Rawan Bencana

Untuk rehabilitasi rumah sekitar Rp440 juta. Terus kena rasionalisasi jadi 10 (rumah) karena sudah masuk di bulan akhir persiapannya, terang Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi, Nanang saat ditemui disela-sela sosialisaai Pemberian Bantuan Rehabilitasi Rumah Akibat Bencana di Vila Neglasari, Selasa (3/9/2019). 

Dikatakannya, anggaran yang sudah terkena rasionalisasi itu akan dimanfaatkan untuk 10 rumah yang memang memenuhi syarat mendapat bantuan bencana.

AYO BACA : Bantuan Korban Bencana di Cimahi Maksimal Rp 15 Juta

Nilai pagu per unitnya Rp15 juta. Rp10 juta untuk material dan Rp5 juta untuk tukangnya. Kalau kurang, itu biasanya ada swadaya dari masyarakat, jelas Nanang. 

Dia mengungkapkan, anggaran bantuan rehabilitasi rumah yang terkena bencana di Kota Cimahi belum terserap. Sebab, sampai saat ini belum ada laporan yang masuk perihal rumah rusak akibat bencana. 

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan bantuan rehabilitasi rumah akibat bencana bisa melaporkan ke BPBD Kota Cimahi. Nantinya, petugas akan langsung melakukan assesment ke lapangan. 

Kriteria ini untuk yang terdampak bencana alam, kedua bantuan penguatan rumah tahan gempa khususnya beton bertulang sama fondasi, ungkapnya. 

Syarat lainnya adalah kelengkapan administrasi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), surat kepemilikan tanah dan tidak dalam sengketa atau bermasalah.

AYO BACA : Longsor di Cimahi: 2 Orang Meninggal, 6 Orang Dilarikan ke RS

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar