Yamaha

Segudang Potensi Wisata DOB Tasikmalaya Selatan

  Selasa, 03 September 2019   Irpan Wahab Muslim
Tonjong Canyon Tasikmalaya. (@positiveindonesia/instagram)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Tasikmalaya Selatan kaya dengan potensi alamnya. Tentu kondisi ini bagus untuk pengembangan di sektor pariwisata.

Kondisi tersebut tentu sangat menguntungkan daerah terkait. Terlebih dengan rencana pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Tasikmalaya Selatan (Tasela) membuka peluang baru agar objek-objek wisata yang selama ini kurang diperhatikan bisa dikembangkan lebih baik lagi.

Ayotasik.com mencoba merangkum beberapa tempat wisata yang nantinya diprediksi akan menjadi kantong Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi DOB Tasela. Tempat-tempat wisata itu, di antaranya Pantai Cipatujah. Pantai Cipatujah terletak kurang lebih 75 kilometer arah Selatan Tasikmalaya. Pantai ini pun sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat.

AYO BACA : Bupati Tasik Dukung Pembentukan Kabupaten Tasikmalaya Selatan

Selain Pantai Cipatujah juga terdapat Pantai Sindangkerta yang memiliki keindahan karena terumbu karangnya, Pantai Karangtawulan yang unggul karena pemandangan dari sisi ketinggian, Pantai Pamayangsari sebagai pusat perahu berlabuh, lalu Pantai Cimanuk, dan Pantai Ciheras.

Selain wisata pantai, di Kecamatan Cipatujah juga terdapat Green Canyon seperti di Kabupaten Pangandaran, yaitu Tonjong Canyon. Keunikan Tonjong Canyon yakni tebing berwarna kecoklatan dan aliran air sungainya yang tenang dan berwarna hijau sehingga memakau mata.

Surga dunia yang lain wilayah selatan Tasikmalaya berupa curug atau air terjun. Di antaranya Curug Dendeng yang berada di Kecamatan Pancatengah. Curug ini memiliki tiga tingkatan dengan ketinggian berbeda. Aliran airnya sendiri berasal dari Gunung Raja yang pastinya menghasilkan air yang menyegarkan dan aman untuk dijadikan tempat berenang.

AYO BACA : Wagub Uu Sudah Minta Moratorium Pembentukan DOB Dicabut

Selain Curug Dendeng, di Kecamatan Pancatengah juga terdapat curug bernama Leuwi Citoe. Wisata alam yang belum banyak dikunjungi masyarakat ini berada di Kampung Sukajaya, Desa Pangliaran, Kecamatan Pancatengah. Keunikannya, curugnya tidak terlalu tinggi. Selain itu, terdapat kolam yang dangkal yang cocok dijadikan sarana berenang.

Selain wisata alam, Tasela juga mempunyai objek wisata religi, yakni di Desa Pamijahan, Kecamatan Bantarkalong. Jaraknya kurang lebih 65 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya ke arah selatan.

Di lokasi ini, sering dijadikan tempat berziarah. Makam yang diziarahai yakni maka Syekh Abdul Muhyi, yakni seorang ulama yang menyebarkan agama Islam di wilayah Jawa Barat. Disamping itu, terdapat pula makam Sembah Khotib Muwahid, Sembah Kudrot, Sembah Dalem Yudhanegara, dan Sembah Dalem Sacaparana.

Lokasi ini selalu dipadati pengunjung jika memasuki musim haji. Yang unik, pengunjung yang singgah paling banyak dari luar daerah, seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur.

AYO BACA : Pemprov Jabar Didorong Segera Sahkan Kabupaten Tasikmalaya Selatan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar