Yamaha Aerox

Kapan Waktu untuk Merotasi Ban Mobil?

  Rabu, 04 September 2019   Republika.co.id
Ilustrasi mengganti ban mobil. (Hannes Edinger/Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Ban menjadi salah satu bagian penting pada mobil. Ban sangat berpengaruh terhadap keselamatan pegendara. Lantas, idealnya, kapan harus mengganti ban mobil?

Kegiatan mengganti atau merotasi ban menjadi hal lumrah bagi pengguna kendaraan. Setidaknya hal ini dilakukan tiap 5.000-8.000 mil atau sekitar 3.5000-6.5000 kilometer.

AYO BACA : Ini Lima Mobil Termurah Seharga Rp30 Jutaan

Rotasi ban tidak bisa dianggap sepele. Sebab hanya ban saja yang menjadi pembatas antara kendaraan dengan jalan. Kondisi ban yang prima akan menjaga keamanan selama berkendara.

Tanpa rotasi, ban mungkin tak digunakan secara baik. Ban depan memainkan peran penting dalam fungsi pengereman. Kemudian ada berbagai variasi suspensi dan penyesesuaian yang mempengaruhi penggunaan ban. Semua ini punya pengaruh pada kendaraan.

AYO BACA : 4 Pertimbangan untuk Memilih Kursi Mobil yang Tepat

"Anda perlu mendatangi mekanik untuk mengecek ban Anda apakah ada kerusakan atau tidak," kata mekanik bersertifikat, Chris Jones, dilansir dari Consumer Report, Rabu (4/9/2019).

Para pengguna kendaraan sebenarnya punya buku panduan saat membeli kendaraan. Di sana terdapat informasi soal pola rotasi. Rotasi ban bisa dilakukan dengan menukar ban belakang dan depan, atau penukaran dilakukan dengan posisi menyilang.

Rotasi ban bisa seharga 60 dolar AS atau sekira Rp700.000, atau gratis tergantung bengkelnya.

AYO BACA : Cara Mengenali Mobil Bekas Terendam Banjir

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar