Yamaha Lexi

Flyover di Jalan Jakarta dan Laswi Bandung Resmi Dibangun

  Selasa, 03 September 2019   Nur Khansa Ranawati
Prosesi Ground Breaking pembangunan Fly Over Jalan Jakarta-jalan Supratman di Jalan Jakarta (depan KFC), Selasa (3/9/2019). (ayobandung.com/Nur Khansa)

BATUNUNGGAL, AYOBANDUNG.COM--Pembangunan fly over atau jalan layang di Jalan Jakarta dan Jalan Laswi Kota Bandung resmi dimulai pada Selasa (3/9/2019). Pembangunan tersebut secara simbolis diawali dengan sesi ground breaking di Jalan Jakarta (depan KFC), dihadiri oleh jajaran Pemerintah Kota Bandung dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jabar, Koswara mengatakan, fly over di Jalan Laswi akan menghubungkan jalan tersebut dengan Jalan Pelajar Pejuang melintasi Jalan Gatot Subroto (Gatsu).

AYO BACA : Pembangunan Segmen 3 Flyover Sukabumi Telah Dimulai

"Sedangkan fly over Jalan Jakarta akan menghubungkan Jalan Jakarta dan Jalan Supratman, melintasi Jalan Ahmad Yani," ungkapnya ketika ditemui dalam acara ground breaking.

Dirinya mengatakan, pembangunan dua ruas fly over tersebut bertujuan untuk meningkatkan konektivitas warga kota sekaligus sebagai upaya mengurai kepadatan lalulintas. Pasalnya, kemacetan dinilai kerap terjadi di persimpangan jalan-jalan tersebut.

AYO BACA : Ayo Intip Keseruan di Kiara Artha Park Bandung

"Kedua simpang ini merupakan titik yang sering mengalami kemacetan di Kota Bandung, dan salah satu titik akses menuju pusat kota," ungkapnya.

"Ditambah lagi pertumbuhan kawasan pemukiman di timur Bandung, yang ikut meningkatkan pergerakan kendaraan di simpang Jalan Ahmad Yani, Jalan Jakarta serta Jalan Gatsu dan Jalan Laswi," tambahnya.

Adapun kedua fly over tersebut akan dikerjakan dalam dua tahap. Tahap pertama ditargetkan rampung pada Desember 2019, sementara pembangunan tahap kedua akan dilakukan dalam Tahun Anggaran 2020. Masing-masing menelan biaya pembangunan puluhan miliar.

"Kebutuhan biaya total Fly Over Laswi totalnya Rp35,9 miliar, sementara Fly Over Jalan Jakarta kebutuhan totalnya Rp42 miliar," paparnya.

AYO BACA : Imbas Groundbreaking Flyover, Lalin Menuju Jalan Jakarta Macet Total

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar