Yamaha Lexi

Wagub Uu Sudah Minta Moratorium Pembentukan DOB Dicabut

  Minggu, 01 September 2019   Irpan Wahab Muslim
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM--Ada lima daerah di Jawa Barat yang rencananya membentuk Daerah Otonom Baru (DOB). Kelima wilayah itu yakni DOB Kabupaten Cianjur Selatan dan Kota Cipanas Pemekaran Induk Kabupaten Cianjur, DOB Kabupaten Tasikmalaya Selatan pemekaran Induk Kabupaten Tasikmalaya, DOB Kabupaten Bekasi Utara pemekaran induk Kabupaten Bekasi, DOB Kota Cikampek pemekaran induk Kabupaten Karawang dan DOB Kabupaten Bandung Timur pemekaran induk Kabupaten Bandung. 

AYO BACA : Pemekaran Wilayah di Jabar Terhambat Moratorium

Pembentukan DOB baru ini pun dinilai penting oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Hal ini dilihat hari jumlah penduduk tidak sebanding dengan jumlah Kota/Kabupaten di Jawa Barat. Saat ini, jumlah penduduk di Jawa Barat mencapai 50.000 juta orang, sementara jumlah Kota/Kabupaten hanya 27 wilayah.

AYO BACA : Ridwan Kamil: Jawa Barat Butuh 40 Kabupaten/Kota

"Kalau melihat provinsi yang lain, itu ada yang mencapai 35 Kota/Kabupaten," papar Uu saat menghadiri Reuni ke-41 Himpunan Alumni Miftahul Huda (Hamida) di pesantren Miftahul Huda Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (1/9/2019).

Namun saat ini, lanjut Uu, Pemprov Jawa Barat tengah menunggu pencabutan moratorium DOB oleh pemerintah pusat. Seluruh pengajuan dari ke lima induk pemekaran sudah disampaikan kepada Pemerintah pusat.

"Sudah kami sampaikan, tetapi keputusan tetap dari pemerintah pusat. Tetapi intinya sudah siap soal kelengkapan syarat dan administrasi dari induk pemekaran," papar Uu.

Sebagai putra daerah Tasikmalaya, Uu menegaskan mendukung dan membantu pemekaran DOB Tasikmalaya selatan. Kesiapan yang sama juga bagi daerah lainnya yang akan dimekarkan. Pembentukan DOB akan mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

AYO BACA : Pemprov Jabar Didorong Segera Sahkan Kabupaten Tasikmalaya Selatan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar