Yamaha NMax

Mantan KSAL Dirikan Museum Bahari di Tanah Kelahirannya

  Minggu, 01 September 2019   Tri Junari
Museum Bahari. (Tri Junari/Ayobandung.com)

BATUJAJAR, AYOBANDUNG.COM--Mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi mendirikan Museum Galeri Bahari (Mugaba) di tanah kelahirannya Kampung Banuraja, Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat. 

Mantan KSAL berdarah sunda ini berharap Mugaba menjadi destinasi edukasi bagi generasi muda untuk mengenal kemaritiman. Museum dengan arsitektur unik berbentuk kapal laut di tepian waduk Saguling ini juga menjadi wahana dirinya membagi pengalaman selama berkarier menjadi TNI AL.

Terdapat tiga lantai dalam bangunan yang didesain sendiri lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) TNI angkatan ke-28 tahun 1983 itu. Setiap lantai memiliki konsep galeri tersendiri berisi wawasan sejarah kejayaan maritim, perjalanan karir Ade Supandi dan replika berbagai jenis kapal laut.

Ide museum ini saat saya banyak berkeliling ke luar negeri dan Laksamana disana membuat museum untuk edukasi generasi muda setelah mengakhiri pengabdiannya,ungkap Ade saat peresmian Mugaba Banuraja, Minggu (1/9/2019).

Ade menerangkan, di museum ini terdapat replika kapal laut, miniatur berbagai jenis kapal laut, narasi sejarah kejayaan maritim Indonesia dan galeri perjalanan hidup dirinya sejak kecil hingga menjadi KSAL.

Banyak buku maupun souvenir yang diberikan Laksamana atau KSAL saat saya bertugas, makanya ada semacam perpustakaan yang bisa memberi edukasi pelajar yang berkunjung,katanya.

Sebelumnya, kata Ade, museum tersebut akan dibangun di Jakarta, namun karena disana sudah banyak museum akhirnya, ia terpikir untuk membangun di kampung halamannya agar lebih bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Nanti bisa menjadi destinasi wisata yang bisa mengangkat daerah karena nantinya akan banyak kuliner disini, sehingga pasti banyak keinginan masyarakat yang akan datang kesini, katanya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar