Yamaha NMax

5 Daerah di Ciayumajakuning Sepakati Paket Wisata

  Minggu, 01 September 2019   Erika Lia
Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis (depan, kiri) menyerahkan potongan nasi tumpeng kepada Ketua sementara DPRD Kota Cirebon, Ruri Tri Lesmana (depan, kanan) dalam Sidang Paripurna Istimewa HUT Ke-650 Kota Cirebon di Gedung DPRD Kota Cirebon, Minggu (1/9/2019). (Erika Lia/Ayocirebon.com)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM--Lima daerah se-Wilayah Cirebon menyepakati satu paket wisata. Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis meyakini, paket wisata ini akan menguntungkan kelimanya.

Kelima daerah itu dikenal pula dengan sebutan Ciayumajakining, terdiri dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan.

Bertepatan dengan HUT Ke-650 Kota Cirebon, pada Minggu (1/9/2019), ditandatangani kesepakatan bersama atau memorandum of understanding (MoU) antara kelima pimpinan daerah di Wilayah Cirebon ihwal paket wisata tersebut. Penandatanganan dilakukan di sela Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka HUT Kota Cirebon di Gedung DPRD Kota Cirebon.

Dalam penandatanganan itu, Azis menjadi representasi langsung Kota Cirebon. Sementara, empat kepala daerah lain mewakili diri melalui utusan masing-masing untuk menandatangani kesepakatan itu.

Dalam paket wisata ini, wisatawan bisa keliling wisata di lima daerah di Wilayah Ciayumajakuning, jelas Azis seusai sidang yang dihadiri pula Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita.

Paket wisata semacam ini yang menurut Azis dimulai sejak hari ini hingga waktu-waktu ke depan, merupakan bentuk sinergitas kelima daerah di sektor pariwisata. Sebagaimana diketahui, pariwisata menjadi salah satu langkah demi mencapai kemajuan dinWilayah Cirebon.

Dia menyebutkan, kelima daerah di Ciayumajakuning memiliki unggulan masing-masing. Majalengka dan Kuningan misalnya, selama ini unggul sebagai wisata alamnya dengan keberadaan Gunung Ciremai sehingga suhu udara di sana dikenal lebih sejuk.

Sementara, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Indramayu, unggul sebagai kawasan wisata bahari mengingat letaknya di pesisir Laut Jawa. Tak hanya itu, Cirebon juga dikenal memiliki wisata sejarah dan religi.

Keelokan alam dan sejarah religi kalau dikembangkan akan menjadi satu paket wisata yang luar biasa, cetusnya.

Melalui paket wisata ini, setiap daerah berkesempatan menonjolkan unggulannya masing-masing. Tak hanya objek wisata bersangkutan, dia meyakini paket wisata ini juga akan berkesempatan menonjolkan bentuk-bentuk lain, seperti kuliner khas, cinderamata khas, penginapan, dan lainnya.

Ini pemerataan di lima daerah ini, tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Azis juga mengharapkan HUT Kota Cirebon sebagai tonggak kuat yang menjadikan daerah berjuluk Kota Udang ini sebagai kota kreatif berbasis budaya lokal. Pada ujungnya, dia berekspektasi, sektor pariwisata di Kota Cirebon akan berkembang pesat.

Kami bersyukur dan akan terus mengevaluasi apa yang sudah kami lakukan dan memproyeksikan apa yang akan kami lakukan ke depan, tandasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar