Yamaha NMax

Bangun Budaya Kepatuhan Lewat Hobi dan Olahraga ala Agus Mulyana

  Sabtu, 31 Agustus 2019   Nur Khansa Ranawati
Direktur Kepatuhan bank bjb, Agus Mulyana, mengikuti turnamen bulutangkis pada Pekan Olahraga dan Seni Perbankan (PORSEBANK) 2019 di GOR Bikasoga Bandung, Sabtu (31/8/2019). (Irfan Al-Faritsi/ayobandung)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Direktur Kepatuhan bank bjb, Agus Mulyana, punya caranya tersendiri dalam menjalankan tanggung jawab sebagai salah satu pemimpin di BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat tersebut.

Pria yang akrab disapa Amul ini memanfatkan ajang olahraga dan kegiatan komunitas sebagai salah satu sarana pengenalan kepatuhan terhadap para karyawan.

Dirinya menjabat posisi tersebut sejak 2015. Sebelumnya, Amul juga memegang peran sebagai Direktur Manajemen Risiko. Namun, kali ini dirinya dipercaya untuk berfokus hanya pada penerapan kepatuhan.

"Sehingga saya akan lebih fokus mencari cara bagaimana membangun kepedulian seluruh insan bjb terhadap kepatuhan, dan paham akan aturan-aturan yang ada sehingga bisnis yang berjalan di bank bjb selalu on the track," ungkapnya ketika ditemui selepas mengikuti turnamen bulutangkis pada Pekan Olahraga dan Seni Perbankan (PORSEBANK) 2019 di GOR Bikasoga Bandung, Sabtu (31/8/2019).

Dia mengatakan, membangun budaya kepatuhan tak dapat dilakukan dalam satu atau dua tahun. Sehingga, perlu kerja yang intens dalam mensosialisasikan hal tersebut ke seluruh level pegawai.

Salah satu yang ia lakukan adalah dengan rutin mengikuti ajang turnamen olahraga seperti PORSEBANK yang juga diikuti karyawan bank bjb lainnya, hingga mengikuti berbagai acara komunitas hobi yang diwadahi bank bjb. Pasalnya, dia mengatakan, kegiatan-kegiatan tersebut juga mengandung unsur nilai kepatuhan secara tersirat yang wajib diikuti oleh setiap pesertanya.

Saat ini, Amul tercatat bergerak aktif dalam beberapa grup olahraga dan hobi bank bjb mulai dari bulutangkis, sepeda, motor Vespa, klub moge, golf, marathon, dan sebagainya.

Nilai sportivitas dan kepatuhan terhadap peraturan adalah hal yang senantiasa dirinya contohkan secara non-formal dalam kegiatan-kegiatan tersebut.

"Dengan masuk ke komunitas-komunitas olahraga dan hobi, secara tidak langsung hal ini jadi role model bagaimana membangun kepatuhan lewat sportifitas, saling menghargai, juga patuh terhadap ketentuan. Ini trik yang secara tidak langsung juga ikut membangun budaya kepatuhan di lingkungan bank bjb," pungkasnya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar