Yamaha Mio S

Tangkuban Parahu Masih Erupsi Hingga Sabtu Pagi

  Sabtu, 31 Agustus 2019   Faqih Rohman Syafei

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM -- Gunung Tangkuban Parahu kembali mengalami erupsi sekitar pukul 09.30 WIB, Sabtu (31/8/2019). Status Tangkuban Parahu masih berada di level II atau waspada. 

Kepala pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG, Kasbani mengatakan tinggi kolom abu akibat erupsi yang terjadi pada pagi tercatat sekitar 150 meter dari dasar kawah.  

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya," ujarnya kepada ayobandung.com saat dihubungi, Sabtu (31/8/2019). 

Dia menyebutkan erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 50 mm dan durasi sekitar 45 detik. Sedangkan untuk status gunung masih berada di level II atau waspada. 

"Kalau untuk status tidak meningkat masih di level II. Erupsi ini juga terekam di alat," katanya. 

Dia mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu agar tidak mendekati kawah puncak. Jarak aman untuk beraktivitas dalam radius 1,5 km dari puncak.

Ia mengatakan lebih lanjut, Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Tangkuban Parahu direkomendasikan untuk sementara ditutup sampai jarak aman di atas.

"Masyarakat diharap tenang, beraktivitas seperti biasa dan tidak terpancing isu-isu tentang letusan gunung. Harap selalu mengikuti arahan BPBD setempat," terangnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar