Yamaha Lexi

Menkominfo Sebut Pemblokiran Layanan Seluler di Papua Ulah Oknum

  Jumat, 30 Agustus 2019   Firda Puri Agustine
Asap masih mengepul dari sebuah bangunan yang terbakar di Jayapura, Papua, Jumat (30/8/2019). (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memberikan penjelasan terkait isu pemblokiran akses data dan terputusnya jaringan Telkom serta Telkomsel di Jayapura, Papua. Menurutnya, pemblokiran itu disebabkan oleh ulah oknum.

AYO BACA : Ketua MPR: Masih Ada Rakyat Tersakiti Setelah 74 Tahun Indonesia Merdeka

Dia mengatakan bahwa pemerintah hanya melakukan pembatasan atas layanan data dan tidak ada kebijakan black out. Layanan suara (menelepon dan ditelepon) dan SMS (mengirim dan menerima) tetap difungsikan.

AYO BACA : Kota Jayapura Lumpuh Setelah Kerusuhan

“Yang terjadi di Jayapura, ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkom yang mengakibatkan matinya seluruh jenis layanan seluler di banyak lokasi di Jayapura,” kata Rudiantara dalam keterangan resminya, Jumat (30/8/2019).

Hingga saat ini, Telkomsel sedang berusaha untuk memperbaiki kabel yang diputus atau melakukan pengalihan trafik agar layanan suara & SMS bisa segera difungsikan kembali. “Kami juga sudah koordinasi dengan POLRI/TNI untuk membantu pengamanan perbaikan di ruang terbuka,” ujarnya.

Sebelumnya, kericuhan massa terjadi dimana demonstran membakar sejumlah fasilitas publik, gedung pemerintahan, dan gedung lain seperti hotel dan kantor Telkom di Jayapura pada Kamis (29/8/2019)

AYO BACA : Kapolri Kirim 300 Pasukan Brimob ke Jayapura Papua

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar