Yamaha

Ini yang Perlu Diperhatikan Jika Ibu Kota Jabar Pindah ke Tegalluar

  Jumat, 30 Agustus 2019   Mildan Abdalloh
Warga melintasi genangan banjir di jalan Sapan, Desa Tegalluar, Kecamatan Bojong Soang, Kabupaten Bandung, Selasa (9/4/2019). (Kavin Faza/Ayobandung.com)

BOJONGSOANG, AYOBANDUNG.COM -- Tegalluar menjadi salah satu daerah yang disebut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai lokasi rencana perpindahan Ibu Kota Jawa Barat (Jabar).

Salah satu desa di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, tersebut memang memungkinkan untuk menjadi daerah pengembangan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan Ridwan Kamil sebelum memutuskan daerah tersebut sebagai ibu kota provinsi.

AYO BACA : Dewan Tak Merasa Dukung Pemindahan Ibu Kota Jawa Barat

Asisten II Pemkab Bandung Marlan mengatakan, Tegalluar memang masuk ke wilayah pengembangan yang tertuang dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bandung. Bahkan area pengembangan Tegalluar dalam RTRW mencapai 3.500 hektar sehingga cukup memungkinkan untuk menjadi ibu kota provinsi Jabar.

Namun, kata Marlan, satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah masalah bencana alam. "Tegalluar itu masuk bagian cekungan Bandung," ucap Marlan, Jumat (30/8/2019).

AYO BACA : Walini Lebih Unggul Jadi Ibu Kota Provinsi Jabar

Banjir menjadi bencana yang mengancam Tegalluar saat musim penghujan. Bahkan, ujar dia, sesuai dengan RTRW, 10% wilayah tersebut harus dijadikan wilayah tangkap air, sebagai upaya pengendalian banjir.

Apabila ibu kota Jabar dipindahkan ke Tegalluar, maka harus dilakukan pengendalian lingkungan dengan perencanaan matang. Perpindahan ibu kota dinilai akan berdampak pada pembangunan infrastruktur yang signifikan.

"Kajian akademisnya harus benar-benar matang," ucapnya.

Namun jika dilihat dari sisi ekonomi, menurutnya, nanti akan tumbuh dengan sendirinya karena Tegalluar merupakan wilayah pengembangan. 

"Jangan sampai juga nanti hanya untuk highclass. Penduduk setempat juga harus terbawa dari segi ekonominya jangan hanya jadi kawasan ekslusiflah jadi harus betul-betul yang mendorong perekonomian masyarakat sekitar," ujarnya.

AYO BACA : Ridwan Kamil Ungkap Pemindahan Ibu Kota Jabar ke 3 Daerah Ini

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar