Yamaha Mio S

6 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Kesehatan

  Kamis, 29 Agustus 2019   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi sakit leher. (pixabay.com)

LENGKONG,AYOBANDUNG.COM--Tanpa disadari, beberapa kebiasaan orang sehari-hari ternyata dapat berdampak pada kesehatan. Hal-hal sederhana seperti makan di larut malam, atau duduk terlalu lama saat bekerja dapat membawa pengaruh buruk bagi kesehatan Anda.

Dilansir dari Boldsky, Kamis (29/8/2019), berikut sejumlah hal yang perlu Anda hindari dalam keseharian, guna menjaga kesehatan :

1. Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit

Tidur terlalu banyak memiliki korelasi dengan kondisi kesehatan jantung yang buruk pada wanita usia lanjut, mengacu pada penelitian yang dilakukan American Heart Association. Sementara itu, kekurangan tidur dapat meningkatkan resiko penyakit jantung hingga 48%.

AYO BACA : 11 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kulit

2. Makan larut malam

Makan di larut malam berpotensi meningkatkan berat badan. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Journal of Obesity pada 2011 lalu, asupan kalori yang dikonsumsi tubuh di atas pukul 8 malam berpotensi meningkatkan peluang seseorang untuk mengalami obesitas. 

3. Duduk terlalu lama

Bagi Anda yang bekerja di kantor, duduk selama berjam-jam mungkin merupakan kondisi yang tidak bisa dihindari. Meski demikian, hal tersebut ternyata berpotensi merusak kesehatan Anda. Sebuah studi menunjukan bahwa duduk dalam jangka waktu yang lama memiliki kaitan dengan penyakit jantung dan diabetes. Studi lainnya memperlihatkan hasil bahwa duduk terus-menerus mampu meningkatkan resiko kondisi musculoskeletal disorders, terutama nyeri punggung bawah. 

AYO BACA : 8 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Kesehatan

4. Terlalu banyak menggunakan media sosial 

Selalu terhubung dengan media sosial menyebabkan diri Anda memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan kesehatan psikologis. Sebuah studi menunjukan orang yang senantiasa terubung dengan media sosial dan melakukan aktivitas mengunggah, membagikan dan menyukai konten-konten media sosial secara konstan memiliki potensi untuk merasa terisolasi secara sosial. Hal ini disebutkan terjadi karena media sosial dapat memberi seseorang impresi palsu, dimana orang kerap terlihat lebih bahagia di media tersebut dibandingkan di dunia nyata.

5. Begadang

Terus terjaga di malam hari alias begadang memiliki potensi yang cukup besar untuk mengganggu kesehatan badan Anda. Begadang secara terus-menerus dapat mengganggu ritme alami manusia untuk tidur dan terbangun, makan, dan meregulasi suhu tubuh yakni ritme circadian. Hal ini juga menjadi penyebab dimana banyak pekerja shift malam memiliki kesulitan untuk tidur ketika hendak tidur, dan kesulitan untuk terjaga pada saat mereka bekerja. Pasalnya, ritme alami tubuh mereka telah terganggu oleh jam kerja yang pada umumnya digunakan manusia untuk istirahat.

6. Tidak mencuci seprei dan sarung bantal

Siapa sangka, seprei dan sarung bantal yang Anda gunakan sehari-hari ternyata mengandung banyak kuman dan bakteri. Hal tersebut berasal dari sel kulit mati, keringat, minyak serta kotoran pada tubuh Anda yang menempel pada kain. Sehingga, wajib bagi Anda untuk mencuci seprei dan sarung bantal secara teratur, setidaknya satu hingga dua minggu sekali agar kebersihannya tetap terjaga.

AYO BACA : Waspada, 8 Kebiasaan ini Bisa Mencederai Otak

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar