Yamaha

RSUD Cibabat Disuntik Modal Rp64 Miliar

  Sabtu, 24 Agustus 2019   Tri Junari
RSUD Cibabat Cimahi

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM--Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat mendapat suntikan bantuan total Rp64 miliar bersumber dari dana alokasi khusus Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Allhamdulilah tahun ini ada bantuan dari DAK Rp20 miliar dari provinsi Rp44 miliar," ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama RSUD Cibabat, Reri Marlia saat dihubungi via sambungan telepon, Sabtu (24/8/2019).

Suntikan dana segar akan digunakan untuk pengadaan kelengkapan alat kesehatan di ruang rawat inap, instalasi gawat darurat (IGD), intensif care unit (ICU), laboratorium, rehabiliasi medik, dan unit tranfusi darah (UTD).

"Dari bantuan provinsi saja ada 79 item alat kesehatan. Dari DAK sekitar 35 item alat kesehatan," terang Reri.

Pengadaan alat kesehatan paling mencolok, kata dia, adalah pengadaan peralatan bedah di instalasi bedah sentral (IBS) RSUD Cibabat. 

"Sekarang sudah banyak subspesialis bedah kita, mengakomidir kebutuhan para dokter spesialis bedah sentral," jelasnya.

Saat ini, terang Reri, standar peralatan sarana prasarana rumah sakit di RSUD Cibabat mencapai 58 persen, dari standar minimal 50 persen.

"Titik aman itu kalau diangka 80 persen. Kita kan terus tiap tahun dibantu provinsi, Kemenkes. Dibantu peralatannya," jelas dia.

Perihal pemeliharaan seluruh alat kesehatan di RSUD Cibabat, lanjut Reri, setiap bulan pihaknya melakukan uji fungsi dan kalibrasi atau melakukan pengecekan dan pengaturan akurasi alat kesehatan.

"Kalau pemeliharaan ada bulanan ada mingguan. Tapi tergantung lifetime alatnya. Nanti IPSRS yang berperan" katanya

"Kalau sudah tidak layak baru dibuat berita acara bahwa ini sudah maksimal tidak bisa diperbaiki lagi," tandas Reri.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar