Yamaha NMax

Jokowi Akan Terima 10 Nama Capim KPK Awal September

  Jumat, 23 Agustus 2019   Republika.co.id
Presiden Joko Widodo menyaksikan pertunjukan musisi-musisi muda indonesia sebelum tampil dalam konser Talenta Muda Bhineka Tunggal Ika di Istana Negara, Jakarta, Jumat (23/8/2019). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nz)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM—Presiden Joko Widodo dijadwalkan menerima 10 nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (capim KPK) pada awal September 2019.

Sepuluh nama tersebut adalah hasil penyaringan dari tahapan wawancara dan uji publik yang akan dilakukan pada 27-29 Agustus mendatang. 

AYO BACA : Abraham Samad: Capim KPK Harus Berintegritas Paripurna

Anggota Pansel Capim KPK 2019-2023, Hendardi, menyebutkan bahwa 10 nama capim akan langsung diberikan kepada Presiden Jokowi untuk selanjutnya diserahkan kepada DPR.

Tahapan selanjutnya, DPR akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap kesepuluh capim yang diajukan Presiden. 

AYO BACA : Hasil Tak Sesuai Ekspektasi, Tes Psikologi Capim KPK Dinilai Sudah Profesional

"Tinggal proses di DPR untuk milih 5. DPR melalui fit and proper test. Dan disitulah hakikat uji publik, karena DPR kan wakil rakyat. Kami membantu di awal dengan wawancara dan uji publik 3 hari itu," ujar Hendardi, Jumat (23/8/2019). 

Hari ini, Pansel Capim KPK baru saja mengumumkan 20 nama peserta seleksi yang lulus profile assessment. Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih menjelaskan, proses profile assessment juga mempertimbangkan masukan publik dan juga rekam jejak yang dilaporkan sejumlah lembaga negara. 

Rekam jejak ini didapat dari sejumlah lembaga, yakni Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Intelejen Negara (BIN), Polri, KPK, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Ditjen Pajak, hingga Badan Narkotika Nasional (BNN). 

AYO BACA : 10 Nama Capim KPK Segera Diserahkan ke Presiden Jokowi

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar