Yamaha Aerox

Sungai Citarum Diberi Bakteri Penjernih Air

  Jumat, 23 Agustus 2019   Mildan Abdalloh
Sektor 6 Satgas Citarum harum menyebar ratusan jerigen bakteri di sodetan Sungai Citarum, Jumat (23/8/2019). (Mildan Abdalloh/ayobandung.com)

BOJONGSOANG, AYOBANDUNG.COM -- Sektor 6 Satgas Citarum harum menyebar ratusan jerigen bakteri di sodetan Sungai Citarum, Jumat (23/8/2019). Penyebaran bakteri berjenis MR-8 tersebut sebagai upaya untuk menetralisir kadar pencemaran.

AYO BACA : Daur Ulang Sampah Sungai Citarum Kurangi Emisi CO2 Gas Rumah Kaca

Dansektor 6 Satgas Citarum Harum, Kolonel Inf Yudy Zanibar mengatakan penebaran bakteri ke sungai Citarum tersebut bekerja sama dengan PT Pusaka Agro Pasifik.
Penggunaan bakteri bertujuan untuk mengembalikan baku mutu air yang tercemar, yang biasa digunakan di instalasi pengolahan air limbah (IPAL) pabrik.

AYO BACA : Ridwan Kamil Minta 23 Dansektor Citarum Fokus Penanganan Sampah

"Awalnya mereka banyak cerita tentang bakteri. Makanya kami tantang, kalau mau menawarkan bakteri (untuk penyelesaian pencemaran Citarum), harus diuji coba dulu, makanya sekarang diuji coba di Oxbow atau sodetan Citarum lama," tutur Yudi.

Oxbow Citarum di Kecamatan Bojongsoang yang menjadi lokasi percobaan penyebaran bakteri, mempunyai lebar 40 meter dan panjang 960 meter. Di lokasi tersebut disebar bakteri sekitar 300 jerigen.

Menurut Yudi, berdasarkan janji dari PT Pusaka Agro Pasifik, air Citarum di Oxbow akan jernih hanya dalam hitungan hari. Jika berhasil, pekan depan air Sungai Citarum di Oxbow bisa digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari.

"Oxbow ini saat musim hujan digunakan untuk menampung air. Tapi tidak bisa digunakan karena baku mutunya rendah. Dengan bakteri ini, diharapkan bisa menjadi solusi saat kekeringan seperti sekarang," ujarnya.

AYO BACA : Pangdam III Siliwangi Lanjutkan Pembangunan Citarum Harum

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar